Renstra Harus Sesuai Arah Pembangunan Kota Serang

SERANG, (KB).- Rencana strategis (Renstra) 2019-2023 dan rencana kerja (Renja) organisasi perangkat daerah (OPD) 2020 harus sesuai dengan arah pembangunan Kota Serang selama 5 tahun ke depan.

Hal tersebut disampaikan Wakil Wali Kota Serang Subadri Ushuludin seusai membuka forum renstra dan renja yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Serang di salah satu hotel Kota Serang, Selasa (19/2/2019).

“Harapannya setelah diadakan renstra ini jelas dan terarah sesuai arah pembangunan Kota Serang lima tahun ke depan ini. Tergambarkan jelas di forum ini. Jadi, diharapkan lebih matang, lebih bagus, dan lebih rapi,” katanya.

Menurut dia, program rutin tahunan yang disusun secara matang dan rapi dapat membawa kemajuan pembangunan Kota Serang. Selain itu, da berharap, renstra dan renja bisa meningkatkan kekompakan dan kerja sama antar-OPD di Pemkot Serang.

“Apapun keinginan Kota Serang sepanjang perencanaan yang sudah matang yang benar-benar bersinergi antar-OPD saya yakin ke depan lebih baik,” ujarnya.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Diskominfo Kota Serang Hari W Pamungkas menuturkan, rencana strategis memuat tentang smart city yang akan melibatkan semua OPD. Ia menjelaskan, dalam smart city terdapat enam komponen yang harus masuk dalam ekosistemnya, di antaranya smart people, smart mobility, smart living, smart economy, smart branding, dan smart goverment.

“Kami harapkan dengan smart goverment ini, pemerintah jadi leading, jadi trigger bagi seluruh ekosistem itu, sehingga terbangun suatu lingkaran pembangunan Serang Smart City,” ucapnya.

Menurut dia, rencana pembangunan smart city sudah mulai dicanangkan sejak berdirinya Diskominfo pada 2017. Selain itu, smart city juga sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 85 Tahun 2018 tentang Pembangunan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang akan menjadi acuan dan master plan atau grand design pembangunan daerah.

“Sebenarnya kami sudah memulai tahapan ini dari 2017. Kami sudah bikin grand design untuk pembangunan smart city itu semenjak Diskominfo Kota Serang berdiri,” tuturnya.

Untuk mendukung pembangunan smart city, saat ini Kota Serang sudah menjalankan layanan darurat yang akan melayani masyarakat Kota Serang melalui layanan 112 yang sudah diluncurkan. “Command center kami kan di Diskominfo, termasuk layanan 112 sebagai pendukung smart city,” katanya. (Masykur/RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here