Rencana Perubahan Kesbangpol Kabupaten Serang Dikaji

Dikdik Abdul Hamid, Kepala Sub Bagian Politik Dalam Negeri (Poldagri) Kesbangpol Kabupaten Serang.*

SERANG, (KB).- Bagian Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melakukan kajian terkait persiapan rencana perubahan status menjadi badan pada 2020. Untuk kajian tersebut, pihak Kesbangpol juga melakukan kujungan kerja ke sejumlah daerah.

“Kita harap tahun depan (berubah jadi badan), sekarang buat kajian dulu,” ujar Kasubag Politik Dalam Negeri (Poldagri) Bagian Kesbangpol Pemkab Serang Dikdik Abdul Hamid kepada Kabar Banten belum lama ini.

Dikdik mengatakan, kajian tersebut tidak akan lama yang terpenting ada referensi apakah badan tersebut ber tipe A atau B. “Kemarin kita kunjungan ke Bandung, di sana juga tipe B, kita cocoknya juga tipe B,” katanya.

Menurut Dikdik, jika melihat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 11 tahun 2019 tentang perangkat daerah yang melaksanakan urusan pemerintah di bidang kesatuan bangsa dan politik, perubahan menjadi badan tersebut adalah wajib. “Cuma masih ada yang nyangkut di pasal 24,” ucapnya.

Ia mengatakan, jika nanti berubah menjadi badan, maka personel bisa bertambah. Kemudian juga pimpinan juga akan dibawah Eselon II. Selain itu, kata dia, dengan berubah jadi badan maka jalur birokrasi tidak akan terlalu panjang. “(Kalau bagian) Jalur birokrasi terlalu panjang harus lewat Asda I baru ke sekda,” katanya.

Dikdik mengatakan, sesuai arahan Dirjen Polhukam, didalam Kesbangpol seharusnya ada satu jabatan intelijen. Sebab pemerintah daerah memiliki lini sampai ke tingkat desa. “Kadang kita dapat informasi dari sana (Hankam). Ada orang intelijen nantinya sebagai informan pemerintah,” ujarnya. (DN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here