Rencana Pemekaran Kecamatan di Kota Serang Dibahas Tahun Depan

SERANG, (KB).- Pembentukan kecamatan yang sebelumnya diusulkan Pemerintah Kota Serang (Pemkot) Serang dipastikan tidak dapat direalisasikan tahun ini. Soalnya, Peraturan Pemerintah (PP) nomor 19 tentang Kecamatan sebagai acuan pembentukan Raperda tentang Kecamatan hingga saat ini belum turun.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) Raperda Kecamatan pada DPRD Kota Serang, Ujang Syafrudirman mengatakan, pembentukan Raperda Kecamatan yang nantinya menjadi dasar hukum pembentukan kecamatan di Kota Serang tidak dapat dilanjutkan sampai PP nomor 19 tentang Kecamatan yang terbaru turun. “Kalau tahun ini (Pembentukan Raperda Kecamatan) engga ke kejar, kita (Pansus) sudah positif,” katanya saat dihubungi Kabar Banten melalui sambungan seluler, Jumat (22/12/2017).

Pansus Raperda Kecamatan sudah bersepakat untuk melanjutkan pembentukan Raperda Kecamatan pada tahun depan. Mekanismenya tetap meneruskan yang sudah ada. “Ini kan kaitannya dengan PP, sehingga kita menunggu PP turun dulu. Sejauh ini kajian (terhadap pembentukan kecamatan) sudah berjalan, ” tuturnya.

Ia tidak dapat memastikan kapan PP tersebut akan turun, berdasarkan informasi yang diterimanya PP tinggal menunggu tanda tangan dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. “Karena kita enggak mau terburu-buru. Kan enggak main-main pembentukan kecamatan itu,” tuturnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Serang mengusulkan pemekaran kecamatan di Kota Serang kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Serang, dari yang awalnya berjumlah 6 kecamatan dimekarkan menjadi 10 kecamatan. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

Wakil Wali Kota Serang, Sulhi Choir mengatakan, kecamatan yang diusulkan untuk dimekarkan terutama kecamatan yang wilayahnya cukup luas, seperti Kecamatan Cipocok Jaya, Kecamatan Walantaka, Kecamatan Serang dan Kecamatan Kasemen. “Kecamatan Serang menjadi 2, Kecamatan Cipocok Jaya menjadi 2, Walantaka 2 dan Kasemen 2 jadi total Kecamatan kalau kalau jadi ada 10 Kecamatan,” katanya. (SN)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here