Rencana Pembangunan Jalan Lingkar Anyer, Pandji: Belum Direspons Pemprov Banten

SERANG, (KB).- Rencana pembangunan Jalan Lingkar Anyer (JLA) yang membentang di dua wilayah, yakni Kabupaten Serang dan Kota Cilegon belum ada kejelasan. Usulan rencana tersebut hingga kini belum direspons Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten.

Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa mengatakan, sampai saat ini usulan rencana pembangunan JLA tersebut, masih di provinsi. Dengan demikian, belum ada kejelasan kelanjutan proyek tersebut. Ia berharap, tahun ini usulan tersebut, bisa masuk dalam penganggaran provinsi. “Masih mandek,” katanya kepada Kabar Banten, Selasa (21/5/2019).

Ia menuturkan, proyek tersebut harus diusulkan ke provinsi, karena menyangkut dua wilayah, yakni Kabupaten Serang dan Kota Cilegon. Oleh karena itu, tidak bisa dilakukan oleh pemkab sendiri. “Makanya, kami usulkan. Kami sudah upaya dan sudah ajukan,” ujarnya.

Disinggung soal kebutuhan anggaran, dia mengatakan, saat ini belum bisa dihitung. Namun, yang pasti jalan tersebut, akan membentang sepanjang 11 kilometer. Kemudian, juga jalurnya akan memotong mulai dari jalan lingkar luar langsung menuju Cibaru atau di sekitar mercusuar. “Jadi, lumayan bisa motong 11 kilometer,” ucapnya.

Menurut dia, adanya jalan tersebut, bisa menjadi alternatif wisatawan untuk menghindari kesemerawutan di sekitar wilayah Kota Cilegon dan Kecamatan Anyer. Sekaligus juga membuka simpul baru atau kawasan industri baru. “Kan di belakang kawasan Pancapuri itu bisa, di situ ada kawasan industri kami,” tuturnya.

Ia berharap, rencana tersebut, bisa segera direalisasikan secepatnya. Terlebih, beberapa pihak sudah banyak yang setuju dengan rencana tersebut. Oleh karena itu, kini tinggal tugasnya untuk meyakinkan pemprov, agar setuju dengan proyek tersebut.

Bahkan, dia sudah sering berkirim surat untuk menanyakan perihal proyek jalan tersebut. “Kami harus yakinkan provinsi. Kami sudah beberapa kali kirim surat dan sudah ekspos juga. Pengajuannya sudah dari tahun kemarin,” katanya. (DN/RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here