Remisi Kemerdekaan RI, 3 Warga Binaan Langsung Bebas

LEBAK, (KB).- Sebanyak 50 warga binaan yang menghuni Rumah Tahanan Kelas 2 B Rangkasbitung menerima remisi umum pada HUT ke 72 RI. Dari ke 50 penerima revisi, tiga di antaranya langsung bisa meninggalkan rutan, setelah menerima remisi dengan kategori bebas bersyarat.

Kepala Rutan Kelas 2B Rangkasbitung Sigit Budiarto menyatakan, sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) tentang pemberian Remisi umum tahun 2017, terdapat 50 warga binaan yang menerima remisi dengan pertimbangan menjalankan masa hukumannya dengan segala prilaku baik dan memiliki dedikasi selayaknya masyarakat.

“Penerima remisi pada tahun ini sebanyak 50 orang, dalam proses remisi ini terbagi dua remisi. Remisi pertama sebanyak 47 orang dan remisi dua sebanyak 3 orang dengan kategori langsung bebas bersyarat,” kata Sigit kepada awak media, seusai upacara bendera, Kamis (17/8/2017).

Upacara bendera serta pemberian remisi terhadap para narapidana yang digelar dihalaman rutan itu dihadiri oleh Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya dan Wakil Bupati Ade Sumardi, serta seluruh pejabat di lingkungan Pemkab Lebak. Menurut Sigit, penerapan aturan didalam rutan terhadap seluruh warga binaan tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari yang ada di masyarakat.

Sehingga, saat para napi kembali ke lingkungannya mereka dapat langsung berbaur, tentunya dengan bekal-bekal yang telah diperoleh selama berada di rutan. “Kita tarik semua tren yang ada di masyarakat untuk dikenalkan juga di sini.

Selain itu, para warga binaan juga kita didik kemampuannya melalui pelatihan kerajinan tangan, seni tari dan kegiatan usaha home industry lainnya,” tuturnya. Sementara itu Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya menyatakan, pemberian remisi merupakan sebuah penghargaan dari negara terhadap para narapidana yang menjalankan hukuman dengan baik. (H-38)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here