Jumat, 22 Februari 2019

Relokasi Warung & Rumah Terdampak Tsunami Selat Sunda, Pemkab Serang Pinjam Lahan Perusahaan

SERANG, (KB).- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang mulai merelokasi warung dan rumah yang berada di bibir pantai kawasan wisata Anyer-Cinangka yang terdampak tsunami pada Sabtu (22/12/2018) lalu.

Relokasi tersebut dilakukan dengan memindahkan ke lahan yang dipinjam oleh pemda kepada perseorangan dan perusahaan. Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan, untuk data jumlah rumah, warung dan lokasi yang akan dipakai untuk relokasi sudah diberikan oleh Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Tata Bangunan (DPKPTB).

“Dari Perkim (DPKPTB) jumlah (rumah dan warung yang mau direlokasi) dan lokasi (lahan relokasi) sudah,” katanya kepada wartawan di Pendopo Bupati Serang, Kamis (31/1/2019).

Ia menuturkan, jumlah rumah yang akan direlokasi sebanyak 39 unit dan warung 251 unit, sedangkan besaran anggaranya untuk rumah Rp 40 juta dan warung Rp 7 juta. “Bangunan yang ada di sebelah kanan pantai yang direlokasi,” ujarnya.

Nantinya bangunan tersebut akan dipindahkan ke lahan yang dipinjam dari perusahaan dan perseorangan. “Kami sudah akses ke perusahaan pemilik lahan untuk meminjam ketika lahan itu belum digunakan,” ucapnya.

Oleh karena itu, sebelum dipindahkan, pemilik warung tersebut akan membuat pernyataan. Bunyinya jika lahan yang ditempati itu akan dipakai di kemudian hari, maka mereka akan pindah tanpa syarat dan tanpa menuntut ganti rugi. “Jadi, buat pernyataan semua warung yang dibangun di situ,” tuturnya.

Sementara, untuk pendirian bangunan, Pemkab Serang yang menyiapkan. Saat ini, relokasi tersebut sudah berjalan dan beberapa bangunan sudah dibuatkan. “Kalau warung di Pasauran. Kalau Pasauran, karena tanah harus pematangan, kami ada pematangan lahan ada 33 bidang langsung dibentuk site plan dirapikan,” katanya.

Sedangkan, untuk rumah pribadi beberapa ada yang pindah ke lokasi yang lebih tinggi. “Itu sudah kami bangunkan juga. Dananya dari dana tidak terduga (TT),” katanya. (DN)*


Sekilas Info

IPM Kota Serang Ditarget Naik 0,10 Persen Setiap Tahun

SERANG, (KB).- Indeks pembangunan manusia (IPM) Kota Serang ditargetkan terus mengalami kenaikan 0,10 persen setiap …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *