Selasa, 19 Februari 2019

Relawan Ramadan tak Henti Berbagi

Di bulan suci Ramadan ini, banyak masyarakat yang berlomba-lomba melakukan kegiatan positif untuk menggapai keberkahan. Mereka yang biasa disebut relawan Ramadan, seolah tidak berhenti berbagi untuk memetik berkah selama bulan Ramadan.

Di antaranya, berbagi takjil di sore hari menjelang buka puasa, berbagi nasi kepada duafa hingga mengajarkan ngaji kepada anak-anak jalanan serta mengadakan sahur on the road.

Seperti program Berbagi Berkah Ramadan yang diusung Yayasan Dompet Dhuafa Banten, dengan melakukan kegiatan mengumpulkan zakat fitrah dan zakat maal bagi warga yang berhak menerimanya. Selain itu, ada juga sedekah mukena, Ramadan ceria, pasar Ramadan dan lainnya.

“Kegiatan tersebut dilakukan sepanjang Ramadan dan dilakukan setiap tahun. Yang melakukan kegiatan ini adalah para relawan dari latar belakang yang berbeda. Mulai dari mahasiswa, karyawan hingga pengusaha,” kata Dedi Setiawan, Chogah Fundraising & Communication Manager Dompet Dhuafa Banten, baru-baru ini.

Selain itu, komunitas Serang Mengaji pun memiliki kegiatan yang tak kalah menariknya. Asep, salah satu anggota komunitas Serang Mengaji menyebutkan sejumlah kegiatan yang dilakukan komunitasnya selama Ramadan. “Kami juga memiliki banyak kegiatan di Ramadan ini. Tapi memang lebih difokuskan ke mengaji dan mengajar ngaji,” ucapnya.

Menurutnya, di bulan Ramadan ini bukan hanya diwajibkan untuk berpuasa, tetapi ada beberapa hal yang wajib dilakukan ketika bulan Ramadan. Seperti zakat fitrah, bersedekah, mengaji, dan masih banyak lagi.

“Zakat itu adalah wajib bagi kita umat muslim, apalagi di bulan penuh berkah ini. Zakat yang berarti beribadah kepada Allah SWT dengan cara kita memberikan sebagian harta yang dimiliki sesuai ketentuan dan rukunnya kepada orang yang berhak menerimanya,” ucap Asep saat ditemui usai mengaji di salah satu masjid di kawasan Kemang, Kota Serang.

Di tempat lain, Aroy dan Demy, anggota komunitas Serang Mengaji melakukan kegiatan berbagi takjil dan kurma kepada warga yang ada di sekitar Alun-alun Kota Serang, Sabtu (26/5/2018).

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendapat keutamaan di bulan Ramadan. Karena kan memberi bukaan kepada orang yang berpuasa insya Allah pahalanya dilipat gandakan,” tutur Aroy saat membagikan kurma dan takjil kepada pedagang dan orang lewat di sekitar Alun-alun Kota Serang.

Demy melanjutkan, ada sekitar 40 relawan yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Dan menurutnya, kurma adalah salah satu buah buka puasa yang disunahkan oleh Rasulullah SAW. Dia juga menambahkan, setiap zakat yang dikumpulkan olehnya akan disalurkan langsung kepada orang-orang yang berhak menerimanya.

Terakhir sebagai penutup Ramadan, dia dan komunitasnya akan meramaikan sejumlah masjid dan musala di Kota Serang untuk sama-sama mengaji sambil mengumandangkan takbir. “Paling nanti itikaf di sepuluh hari terakhir Ramadan. Kami juga akan meramaikan masjid dan musala dengan mengaji,” katanya. (Rizky Putri)*


Sekilas Info

PEMBERITAHUAN RENCANA PENGADAAN TANAH UNTUK PENAMBAHAN LAJUR KE-4 JALAN TOL TANGERANG-MERAK TAHAP II DAN TAHAP III

PEMERINTAH PROVINSI BANTEN SEKRETARIAT DAERAH Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) Jl. Syech Nawawi Al-Bantani, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *