Rekrutmen CASN 2019, Kuota Pemkab Serang Hanya 411 Orang

SERANG, (KB).- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang hanya mendapatkan kuota 411 orang untuk rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN) atau calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019.

Kuota tersebut, telah dikeluarkan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Dari jumlah tersebut, terbanyak untuk foramsi bidang kesehatan.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang Mochamad Ishak Abdul Rouf mengatakan, dalam rekrutmen CASN tahun ini, pihaknya sebelumnya telah mengajukan kuota sebanyak 780 orang kepada Pemerintah Pusat. Namun, Pemerintah Pusat hanya menyetujui 411 orang.

“Untuk kuota CASN Kabupaten Serang mendapatkan 411, itu di antaranya dari pendidikan, kesehatan, dan mengisi administrasi lainnya. Paling banyak formasinya untuk Dinkes,” katanya kepada Kabar Banten, Rabu (23/10/2019).

Ia menuturkan, dengan disetujuinya 411 orang, kebutuhan pegawai di Kabupaten Serang diakuinya masih banyak. Namun demikian, pihaknya melihat kemampuan Pemerintah Pusat terkait anggaran untuk pengadaannya.

“Kalau bicara kebutuhan pasti banyak, cuma di pusat untuk pengadaan itu di pusat mungkin berkurang untuk biaya lain lainnya,” ucapnya.

Meski masih banyak kebutuhan, ujar dia, untuk tahun ini Pemerintah Pusat juga belum melakukan rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) secara menyeluruh di nusantara. Namun, dia berharap, pada tahun mendatang akan ada kebijakan pengadaan untuk P3K.

Ia menjelaskan, pembukaan rekrutmen CASN rencananya akan dibuka pada akhir Oktober 2019. Namun, dia memastikan secara umum, pihaknya sudah siap untuk melaksanakan kegiatan rekrutmen CASN.

“Paling untuk sementara pendataan dulu sarana prasarana baik komputer untuk CAT maupun persiapan administrasi, kami sudah siap 90 persen. Tinggal pelaksanaan, lokasi kami biasa di Hotel Puri Kayana, kalau membeludak kita pinjam sekolah terdekat,” tuturnya.

Sementara, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Serang Aep Syaefulloh menyesalkan sedikitnya jumlah kuota CASN yang didapatkan oleh Pemkab Serang. Sebab, mengingat kebutuhan pegawai di Kabupaten Serang masih cukup banyak yang kosong.

“Rencananya sih kami akan bertemu dengan BKPSDM besok atau lusa, salah satunya untuk membahas kuota CASN dan open bidding direktur RSDP. Kami akan coba bersama BKPSDM temui BKN barangkali masih bisa untuk ditambah kuotanya,” katanya. (DN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here