Rehabilitasi Daerah Irigasi Cipeundeuy Disoal

LEBAK,(KB).- Proyek rehabilitasi jaringan irigasi (Dearah Irigasi/DI) Cipeundeuy betulan di Kampung Sarongge Desa Cipeundeuy Kecamatan Malingpng Kabupaten Lebak, yang didanai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 338.138.000 disoal. Hal ini beralasan karena pelaksanaan pekerjaan proyek dilingkungan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) tersebut diduga menggunakan material tidak sesuai dengan spek dan tidak transfaran.

Salah seorang aktivis Malingping, Ucu, mengatakan, pihak berwenang seharusnya lebih ketat dalam mengawasi pelaksanaan kegiatan pembangunan dan rehabilitasi yang didanai pemerintah. Hal ini beralasan karena dilapangan masih ditemukan pekerjaan kegiatan yang diduga asal-asalan. “Salah satunya pada pelaksanaan kegiatan rehabilitasi DI Cipeundeuy di Kampung Sarongge Desa Cipeundeuy Kecamatan Malingping. Pada saat itu dilokasi kegiatan tidak ada papan informasi. Selain itu material batu yang digunakannya diduga tidak sesuai spek, seperti menggunakan batu kali,”kata Ucu, Rabu (23/8/2017).

Dikatakan Ucu, selain beberapa persoalan tersebut dalam pengerjaannya asal-asalan terutama pada pasangan dinding diduga tidak digali sehingga membuat dinding irigasi rentan jebol. “menurut pengamatan kami, pemasangan dinding irigasi terlihat hanya numpang di atas tanah dan sepertinya tidak digali dulu,” ujarnya.

Menurut, Ucu, atas kondisi pekerjaan pada kegiatan rehabilitasi DI Cipeundeuy Ia mendesak pihak berkompeten lebih memperketat pengawasan dan tidak asal terima pekerjaan sebab khawatir akibat pengerjaan dan penggunaan material yang diduga tidak sesuai spek berimbas pada manfaat yang akan dirasakan masyarakat. “Saya berharap dinas terkait segara menyikapi hal ini. Sebab jika dibiarkan, saya yakin hasil pembangunannya tidak akan maksimal,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Irigasi pada Dinas PUPR Kabupaten Lebak, Dade Yan Apriandi, menegaskan, pekerjaan dan material yang digunakan pada pelaksanaan kegiatan rehabilitasi DI tersebut sudah sesuai. “Apa yang tidak sesuai. Kalau batu menurut saya itu sesuai,”kata Dede Yan saat dihubungi melalui sambungan telepon genggamnya beberapa waktu lalu. (H-34)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here