Realisasi tak Capai 70 Persen, Sekda Banten Minta OPD Kebut Serapan Anggaran

SERANG, (KB).- Sekretaris Daerah (Sekda) Banten Ranta Soeharta meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Banten agar tancap gas mengejar realisasi APBD 2017. Sebab, kata Ranta, realisasi APBD hingga kini belum mencapai 70 persen dari pagu Rp 10,3 triliun.
Hal tersebut diungkapkan Sekda saat memberikan arahan saat apel di halaman Masjid Raya Albantani, KP3B, Kota Serang, Senin (18/9/2017). “Seluruh OPD agar melakukan percepatan, agar sesuai perencanaan. Tahun ini menurut data saya adalah tahun kritis dan krisis. Realisasi belum sampai 70 persen,” ujar Ranta.

Atas kondisi tersebut Ranta meminta kepada OPD untuk tidak saling menyalahkan. “Saya harap kepada kepala OPD tidak saling menyalahkan. Karena data ini yang saya selalu kontrol dengan Pak Nandy (Kepala BPKAD) dari sisi SPM (surat perintah membayar) dan SP2D (surat perintah pembayaran dana),” katanya. Meski mengakui tahun 2017 ini merupakan masa transisi, Sekda meminta agar OPD tidak lembek mengejar realisasi APBD sampai 90 persen. “Dan ini sudah mulai akhir triwulan III. Saya minta seluruh kepala OPD, kepala bidang, kepala seksi dan pelaksana terus mempercepat pelaksana pekerjaan. Kalau bisa 80 – 90 persen saja itu sudah luar biasa. Memang tahun ini transisi, tapi tidak harus lelah, harus dikejar,” tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Biro Administrasi Pembangunan (Adpem) Setda Banten, Mahdani mengungkapkan, hingga 25 Agustus 2017, realisasi APBD 2017 mencapai Rp 4,396 miliar atau 52,70 persen dari pagu Rp 10,3 triliun. Sedangkan, untuk realisasi fisik sudah mencapai 53,12 persen. “Progres fisik itu berdasarkan SP2D. Kalau keuangan dilihat dari laporan bulanan keuangan. Rata-rata OPD itu capaiannya sekitar 52 persen. Paling rendah 30 persen. Seperti Biro Infrastruktur, itu karena lama menunggu plt, Biro Pemerintahan juga,” katanya. Ia menuturkan, sesuai hasil banmus DPRD Banten rencananya APBD perubahan akan diketok palu pada 28 September. “Makanya ngebut ini,” ucapnya. (H-42)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here