Ratusan Warga Tangsel Antusias Ikut Swab Massal

Seorang warga Kota Tangsel saat mengikuti pemeriksaan swab massal di Rumah Lawan COVID-19 Tangerang Selatan, Serpong, Tangsel, Kamis (16/7/2020).*

TANGERANG, (KB).- Ratusan warga Tangerang Selatan (Tangsel) beramai-ramai memadati lokasi pemeriksaan swab massal di Rumah Lawan COVID-19 Tangerang Selatan, Serpong, Tangsel, Kamis (16/7/2020).

Sedikitnya 400 warga mengantre untuk memeriksakan diri dari kemungkinan terpapar virus Corona dalam kegiatan yang digelar Dinas Kesehatan Kota Tangsel bersama Dinas Kesehatan Provinsi Banten tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Kesehatan Tangsel Deden Deni mengatakan pelaksanaan pemeriksaan swab tersebut merupakan program dari Dinas Kesehatan Provinsi Banten.

“Untuk mengejar target hasil swab PCR itu agar bisa tercapai, yang dibandingkan dari rasio jumlah penduduk,” tutur Deden kepada wartawan, Kamis (16/7/2020).

Melihat antusias yang tinggi, Dinas Kesehatan Kota Tangsel ke depannya akan mengupayakan untuk dapat melakukan pemeriksaan swab mandiri.

“Rencana nanti kita punya alat sendiri. karena sedang mengajukan izin ke provinsi. Dan kedepan kita akan lakukan sendiri di Labkesda,” tuturnya.

Sementara itu, Koordinator Rumah Lawan COVID-19 Kota Tangsel Suhara Manullang merasa bersyukur atas antusias tersebut. Sebab warga yang datang telah melebihi kuota 100 persen dari target semula yang hanya untuk 200 orang.

“‘Jadi awalnya memang targetnya itu 200 orang secara umum. Tapi karena ini banyak peminat jadi kita tambah kuota 300 orang. Dan bisa dilihat bahwa ini terus bertambah, hingga 400 orang untuk hari ini,” ujarnya.

Ia menambahkan, setiap peserta harus menunggu hasil swab tiga atau empat hari mendatang.

“Nanti kami mendapat informasi biasanya melalui dinas kesehatan. Itu nanti kan kami punya nomor telepon peserta atau peserta juga bisa kontak ke kami, nanti kami kasih tahu hasilnya,” jelas Suhara.

Apabila memang dibutuhkan untuk keterangan tertulis, seperti untuk masuk sekolah, kerja, dan lainnya, menurut dia pihaknya akan memfasilitasi bagaimana keterangannya. “Yang jelas nanti bisa dibuat,” pungkasnya. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here