Ratusan Sekolah Dasar di Kabupaten Lebak Akan Dapat Rehab dan RKB

LEBAK, (KB).- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lebak akan melakukan rehab serta pembangunan ruang kelas baru (RKB) di ratusan Sekolah Dasar (SD) berstatus negeri. Selain itu, pada tahun 2019, dianggarkan pula pembangunan lima perpustakaan di lima Sekolah Dasar dan akan menyediakan referensi untuk sejumlah Sekolah Dasar.

Kepala Bidang SD pada Disdikbud Lebak, Dedi Taufik mengatakan, program untuk mendukung peningkatan mutu pendidikan melalui peningkatan sarana prasarana tersebut, di antaranya rehab untuk 483 ruang kelas di 144 SD, pembangunan RKB sebanyak 17 ruang kelas di 10 SD, pembangunan sanitasi plus toilet di tiga SD, pembangunan perpustakaan di lima SD, serta penyediaan buku referensi untuk 101 SD yang tersebar di Kabupaten Lebak.

Sedangkan anggaran untuk program pendukung peningkatan mutu pendidikan tersebut direncanakan dialokasikan dari dana alokasi khusus (DAK) 2019. ”Rencananya dinas kami akan mendapatkan DAK 2019. Alokasi DAK tersebut akan digunakan untuk rehab ruang kelas, pembangunan ruang kelas baru, penyediaan sanitasi, toilet, perpustakaan, serta penyediaan buku referensi,” ujar Dedi Taufik, Rabu (28/11/2018).

Ditambahkan, dengan semakin baiknya sarana prasarana pendukung di ratusan SD tersebut, maka diharapkan peningkatan mutu pendidikan bagi para murid SD di Lebak semakin berjalan dengan baik. ”Sesuai program Lebak Cerdas yang dicanangkan Ibu Bupati, tentu Disdikbud Lebak akan terus mendukungnya,” ucapnya.

Kepala Disdikbud Lebak, Wawan Ruswandi menambahkan, Disdik Lebak akan berupaya merealisasikan program rehab maupun pembangunan RKB bagi gedung SD negeri yang dinilai memiliki keterbatasan sarana. ”Tidak hanya ruang kelas, kamipun akan menyediakan sarana toilet, perpustakaan dan buku referensi, dengan tujuan agar guru maupun murid nyaman dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di sekolahnya masing-masing,” tutur Wawan Ruswandi. (Lugay/TS)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here