Ratusan Santri Ikuti Lomba Baca Kitab Tafsir Munir

LEBAK (KB).- Sebanyak 126 santri dan santriwati berbagai Pondok Pesantren di Kabupaten Lebak mengikuti lomba baca kitab tafsir munir, pada festival santri Lebak tahun 2019, di Hall Latansa Rangkasbitung, belum lama ini.

Ketua Penyelenggara Festival Santri Lebak, Ade Bujhaerimi, kepada Kabar Banten, mengatakan, Festival Santri sekaligus dalam rangka memperingati hari santri Nasional (HSN) ke-2 yang diselenggarakan tahun ini di Kabupaten Lebak. Acara tersebut diawali dengan lomba baca kitab tafsir munir yang diikuti 126 peserta santri dan santriwati se-kabupaten Lebak.

Dia mengatakan, lomba dibagi enam majlis yang terdiri atas 21 peserta. Pada lomba baca kitab tafsir munir ini, sebanyak 18 dewan hakim dan 6 panitera sebagai tim penilai dilibatkan. Sedangkan untuk para peserta lomba diberi kesempatan membaca kitab tafsir munir selama 20 menit dan terjemahannya.

“Selanjutnya setelah peserta membaca kitab tafsir munir dan terjemahannya itu, diberikan pertanyaan dalam sesi tanya jawab dengan dewan hakim sebagai penilainya,” jelasnya.

Dia menjelaskan, dipilihnya kitab tafsir munir sebagai sajian lomba karena dilombakan dalam musabaqoh tilawatil qur’an (MTQ). Selain itu, juga perlombaan membaca kitab Tafsir Munir itu menjadikan kebanggan masyarakat Banten.

Sebab, kitab tersebut merupakan karangan cendekiawan asli Banten Syech Nawawi Tanara, Serang, Banten.Karena itu, kata dia, berbagai elemen masyarakat,termasuk santri wajib membesarkan dan memajukan Banten. (ND)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here