Sabtu, 15 Desember 2018

Ratusan RTLH di Kabupaten Lebak Akan Dapat Bantuan Rehab

LEBAK, (KB).- Sebanyak 319 rumah tidak layak huni (RTLH) milik masyarakat kurang mampu atau berpenghasilan rendah di lima kelurahan serta empat perdesaan, dipastikan mendapatkan bantuan rehab di 2019. Dari jumlah 319 tersebut, 150 RTLH bantuan rehabnya bersumber dari APBD, masing-masing Rp 10 juta, dan 169 RTLH bantuan rehabnya bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp 17,5 juta masing-masing rumah.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Lebak, Wawan Hermawan mengatakan, untuk bantuan rehab yang bersumber dari APBD 2019, yaitu diperuntukkan bagi RTLH yang berlokasi di empat desa. Sedangkan bantuan yang bersumber dari DAK, diperuntukkan bagi RTLH yang berlokasi di lima kelurahan di Kecamatan Rangkasbitung.

“Bantuan untuk merehab rumah tidak layak huni di Lebak, merupakan upaya pemerintah daerah maupun pusat untuk membantu masyarakat agar memiliki rumah yang nyaman serta sehat untuk dihuni,” kata Wawan Hermawan, Jumat (7/12/2018).

Selain dari APBD serta DAK, ujar Wawan, pihaknya juga telah mengusulkan bantuan rehab rumah masyarakat Lebak melalui anggaran APBN, dan telah akan direalisasikan untuk ratusan RTLH di Lebak. “Berdasarkan informasi yang kami terima, Pemerintah pusat melalui APBN dipastikan akan memberikan bantuannya untuk 300 lebih RTLH di Lebak,” ujarnya.

Kepala Bidang Perumahan dan Permukiman pada DPKPP Lebak, Ahmad Hidayat menambahkan, untuk bantuan rehab 150 RTLH dari APBD direncanakan akan berbentuk uang tunai kepada masing-masing pemilik RTLH tersebut. Sedangkan bantuan rehab bersumber dari DAK, direncanakan berupa barang senilai Rp 15 juta serta Rp 2,5 juta berbentuk uang untuk upah tenaga dan untuk tukang yang merehab RTLH.

“Pada pelaksanaannya nanti, silakan semua pihak melakukan pemantauannya agar program bantuan rehab untuk RTLH ini berjalan baik serta sangat dirasakan masyarakat pemilik RTLH itu sendiri,” tutur Ahmad Hidayat. (Lugay/TS)*


Sekilas Info

Rencana Penertiban Batas Sempandan Pantai, Langkah Gubernur Diapresiasi

LEBAK, (KB).- Sejumlah warga Lebak Selatan (Baksel) mengapresiasi rencana Gubernur Banten yang akan melakukan penertiban Batas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *