Ratusan RTLH Akan Dapat Bantuan Stimulan

LEBAK, (KB).- Sebanyak 740 rumah tidak layak huni (RTLH) milik masyarakat berpenghasilan rendah yang tersebar diseluruh kecamatan di Lebak, dipastikan akan mendapat bantuan rehab dari program bantuan stimulan perumahan swadaya dari pemkab maupun pemerintah pusat di tahun anggaran 2018.

Berdasarkan informasi yang diterima Kabar Banten dari Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Lebak, dari 740 RTLH tersebut, 120 di antaranya mendapatkan bantuan dari APBD Lebak 2018 sebesar Rp 8,5 juta. Sedangkan sebanyak 640 rumah mendapatkan bantuan rehab dari dana alokasi khusus (DAK) 2018 sebesar Rp 15 juta.

Kepala DPKPP Lebak, Wawan Hermawan menjelaskan, untuk 120 rumah yang mendapatkan bantuan rehab dari APBD Lebak, bentuknya langsung berbentuk uang. Sedangkan bantuan rehab dari DAK bentuknya berupa barang material.

”Ratusan rumah yang dipastikan mendapatkan bantuan rehab ini sudah kami usulkan sejak lama. Mudah-mudahan pada tahun depan, masing-masing pemilik rumahnya sudah bisa melakukan rehabnya,” ujar Wawan Hermawan, Selasa (17/10/2017).

Ditambahkannya, meski sudah mengusulkan ke Pemkab dan pemerintah pusat, namun jika masih ada RTLH yang belum masuk data pada dinasnya, pihaknya mempersilakan pihak desa untuk mengajukannya agar pada tahun berikutnya data RTLH tambahannya akan diusulkan kembali ke Pemkab maupun ke Pemerintah Pusat. (Lugay/Job)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here