Sabtu, 20 Oktober 2018

Ratusan Relawan Jalan Kaki Serahkan Paket Lebaran ke Rumah Warga

Ratusan relawan Ramadan Peduli Banten Jilid XI, pekan ini, sudah mulai bergerak membagikan bingkisan paket lebaran kepada masyarakat kurang mampu di berbagai pelosok di Banten. Mereka menyerahkan bantuan tersebut sampai ke depan pintu rumah penerimanya.

Dalam upaya menebar kebaikan ini, mereka tak mengenal lokasi, jarak dan waktu. Meskipun lokasi dan jaraknya sulit dijangkau dengan kendaraan bermotor, para relawan tetap semangat berjalan kaki menyerahkan bingkisan tersebut.

Menembus malam 

Begitu pula sejumlah relawan lainnya dengan rela menembus kegelapan malam untuk menyampaikan bingkisan itu ke depan pintu rumah para penerima. Mereka seperti tidak merasa lelah dan takut berjalan di kegelapan malam membawa dan menyerahkan paket lebaran tersebut.

Ketua Panitia Ramadan Peduli Banten Jilid XI Deden Sunandar, Kamis (7/6/2018), mengatakan kepada Kabar Banten, mulai Rabu (6/6/2018) lintas relawan dan Tim Ramadan Peduli Banten sudah mulai bergerak mendistribusikan paket bagi kaum duafa di berbagai pelosok di Banten.

“Target tahun ini, insya Allah 2.000 paket yang akan kami distribusikan. Saat ini, Alhamdulillah sudah mencapai 1.000 paket lebih yang kami siap distribusikan,” katanya.

Bagi masyarakat yang ingin ikut sedekah dalam kegiatan Ramadan Peduli Banten 2018, menurut Deden, pihaknya masih siap membantu menyampaikan amanahnya sampai malam takbiran. “Ratusan relawan kami siap mengantarkan titipan anda,” katanya.

Menurut Deden, nilai sedekahnya Rp 100 ribu/paket. Isi paketnya meliputi beras, minyak goreng, gula, teh, garam, kue lebaran, mi, sarden, kecap, susu kental manis, sirup dan tepung terigu. Bagi masyarakat yang ingin mengetahui lebih lanjut kegiatan ini bisa menghubungi Putri (087871312486), Aden (0817569990), dan Iin (082111648713).

Bangga dan terharu 

Deden mengaku bangga dan terharu melihat keikhlasan dan semangat ratusan relawan Ramadan Peduli Banten 2018. Mereka tetap semangat mengantar paket Lebaran meski lokasinya relatif jauh dan harus ditempuh dengan berjalan kaki. Bahkan, sebagian relawan ada yang rela berjalan kaki malam hari untuk menyampaikan amanah itu ke rumah warga.

“Melihat semangat dan keikhlasan teman-teman relawan, saya benar-benar bangga dan terharu, sampai saya meneteskan air mata” ujar Deden.

Ratusan relawan berbagi nikmat Lebaran itu, lanjut Deden, tersebar di Serang, Cilegon, Tangerang, Pandeglang, dan Lebak.

Selain menebar paket Lebaran, program lainnya Ramadan Peduli Banten adalah BARBE-Q. Program ini merupakan kegiatan pengelolaan barang bekas berkualitas. “Jadi, istilah BARBE-Q ini adalah kependekan atau akronim dari barang bekas berqualitas,” katanya.

Melalui program tersebut, pihak panitia, menerima dan mengelola barang bekas berkualitas seperti pakaian layak pakai, sepeda, televisi, sepeda motor, komputer, laptop dll. “Tentu saja kami berharap barang-barang tersebut masih bisa dimanfaatkan oleh orang lain,” katanya.

Barang bekas berkualitas itu akan dijual dengan harga relatif murah dan terjangkau masyarakat pada acara bazar. Hasil penjualannya akan dipergunakan untuk paket sembako yang akan diikutsertakan dalam program berbagi nikmat lebaran bagi masyarakat tidak mampu di sejumlah pelosok kampung.

Bina desa wisata 

Program pembinaan desa wisata, menurut Deden, merupakan kegiatan pelatihan, diskusi wisata, dan pembuatan proposal/paket wisata. Lokasi kegiatannya meliputi Situ Rawa Arum di Kota Cilegon, Desa Sobang di Kabupaten Lebak, dan Desa Adat Ngembang di Sajira Kabupaten Lebak.

Kegiatan tersebut bekerjasa sama dengan Rumah Kreasi ADENIS untuk pelatihan wirausaha kerajinan tangan, Dinas Pariwisata dan GENPI Banten untuk diskusi paket wisata serta DPD Asperapi Banten untuk penyusunan konsep proposalnya.(KO)*


Sekilas Info

Tadarus Hingga Bazar Ramadan di Masjid Raya Al-A’zhom

Beragam aktivitas bisa dilakukan untuk menunggu waktu berbuka puasa. Ada yang mengawali aktivitas jalan-jalan, berburu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *