Ratusan Pramuka Basuh Kaki Orang Tua pada Masa Taaruf di MAN 1 Kota Serang

SERANG, (KB).-  Sebanyak 275 anggota Pramuka baru di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Serang membasuh kaki orang tuanya. Kegiatan massal sebagai simbol bakti anak kepada orang tua itu digelar pada acara “Masa Taaruf Pramuka” di sekolah tersebut, Sabtu (20/7/2019).

Masa Taaruf Pramuka adalah masa perkenalan dan penyambutan anggota Pramuka baru (siswa baru) di MAN 1 Kota Serang. Berbeda dengan di sekolah pada umumnya, pada kegiatan Masa Taaruf Pramuka di MAN 1 Kota Serang disisipkan acara tradisi membasuh kaki orang tua.

Pembina Pramuka MAN 1 Kota Serang Dadang menjelaskan kegiatan tersebut ditujukan unruk mengingatkan para siswa terhadap perjuangan orang tua dalam menyekolahkan anaknya.  

Oleh karena itu, menurut Dadang, kegiatan membasuh kaki orang tua secara massal tersebut untuk mengingatkan para siswa yang datang ke sekolah untuk belajar dengan benar.

“Jadi, tujuan adanya acara membasuh kaki orang tua dalam kegiatan tersebut untuk mengingatkan kembali mereka (siswa baru) datang ke sekolah harus belajar karena orang tua telah berjuang siang malam agar anaknya bisa sekolah. Jangan sampai, mereka mengecewakan orang tuanya,” ujar Dadang kepada anggota Satuan Karya Pramuka Kota Serang Hafizh.

Saat melihat pemandangan ratusan Pramuka (siswa) membasuh kaki orang tuanya, Dadang mengaku merasa senang. “Saya juga senang sekali melihat mereka ngobrol dengan orang tuanya,” kata Dadang.

Dadang meyakini pada saat ini hanya 10 persen anak yang suka  menyempatkan berbicara atau berdialog dengan orang tuannya. Oleh karena itu, dia mengaku, senang dan terharu melihat pemandangan tersebut.

“Intinya, walaupun anak-anak belum bisa membahagiakan kedua orang tua, minimal mereka tidak menyusahkan,” ujar Dadang.

Tema yang diusung pada kegiatan Masa Taaruf Pramuka di MAN 1 Kota Serang adalah “Membentuk Generasi Milenial yang Berukhuwah Islamiyah Melalui Kegiatan Pramuka”.(Den)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here