Ratusan Pengunjung Ikuti Bedah Buku KH Syam’un

SERANG, (KB).- Dinas Perpustakaan dan Kearsip Daerah Provinsi Banten menggelar bedah buku selayang pandang KH.Syam’un, Jumat (16/11/2018). Tampil sebagai pemateri, Ketua Umum PB Al Khairiyah H. Ali Mujahidin, Ketua ICMI Banten Prof. Lili Romli, dan penulis buku sekaligus dosen UIN SMHB Mufti Ali, Ph.D.

Kegiatan itu hasil kerjasama antara Dinas Perpustakaan dan Kearsip Daerah Banten, ICMI Banten, dan Bird. Kegiatan itu mengundang banyak perhatian masyarakat. Terbukti, aula kantor DPK Banten tak mampu menampung pengunjung.

Dalam pemaparannya, Ali Mujahidin menyampaikan bahwa Banten baru memiliki dua pahlawan nasional, yaitu Sultan Ageng Tirtayasa dan Brigjend KH. Syam’un.

“Semoga tahun berikutnya dapat pula diusulkan Pahlawan Nasional dari Banten seperti KH.Wasyid, KH. Abdul Fatah Hasan, dan beberapa nama pahlawan Banten lainny,a baik dari Serang, Cilegon, Pandeglang, Lebak, sampai Tanggerang Raya,” katanya.

Ia berharap, penganugerahan gelar pahlawan nasional terhadap Brigjen KH.Syam’un dapat membawa motivasi bagi masyarakat Banten. Apalagi, selama ini Banten dikenal sebagai tempatnya para ulama yang berjuang melawan penjajah.

“Dengan begitu, Banten akan dikenal lebih luas dan tentunya dapat memberikan semangat bagi kami di keluarga besar Al Khairiyah,” ujarnya.

Sementara itu, Mufti Ali menyatakan, memang tidak gampang mengajukan seseorang untuk mendapatkan gelar pahlawan. Sebab, ada mekanisme, aturan, dan butuh proses yang panjang.

“Artinya harus ada bukti-bukti ilmiah dan sejarah kepahlawanan dari seseorang yang diangkat untuk mendapatkan gelar pahlawan. Namun, untuk Brigjen KH.Syam’un, capaian itu telah ada mulai silsilah riwayat keluarga dan riwayat perjuangan. Bahkan kami memperkuatnya dalam sebuah buku yang kami diskusikan hari ini. Masyarakat Banten harus bangga dengan penganugerahan gelar pahlawan tersebut,” tuturnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh ratusan peserta yang terdiri atas tokoh masyarakat, pemuda, dan mahasiswa. Hingga berita ini ditulis, acara tersebut masih berlangsung.(HS)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here