Ratusan Penghuni Kontrakan tak Punya KTP

TANGERANG, (KB).- Pascalebaran Idulfitri, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mendata para penduduk yang tinggal di rumah kontrakan di Kelurahan Ciater, Serpong. Dari pendataan itu terdapat 250 orang tak memiliki KTP Kota Tangsel.

Mereka menempati puluhan blok kontrakan yang ada di RT 05 RW 07 Ciater. ”Banyak penghuni kontrakan yang telah lama menetap namun belum memiliki KTP Kota Tangsel,” ujar Kepala Bidang Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kota Tangsel, Heru Sudarmanto, Jumat (28/7/2017).

Ia menuturkan, dari 50 pintu kontrakan yang didata petugas, hanya sekitar 10 persen penghuni kontrakan yang memiliki KTP elektronik Kota Tangsel. “Dengan asumsi satu pintu kontrakannya dihuni tiga hingga lima anggota keluarga. Itu pun punya KTP Tangsel tertera sebagai warga luar wilayah Ciater,” katanya.

Pihaknya tak memaksa para penduduk luar Tangsel itu untuk mengurus KTP Tangsel. Akan tetapi, jika mengacu pada aturan administrasi kependudukan, maka warga luar yang menetap lebih dari setahun diharuskan mengurus dokumen kependudukan. “Karena dengan memiliki KTP Tangsel, banyak fasilitas pelayanan publik yang bisa didapatkan masyarakat,” ujarnya. Nantinya, kata dia, mereka masuk data warga non-permanen yang dibuatkan semacam surat keterangan. Pendataan untuk mengetahui jumlah pertambahan penduduk setelah Idulfitri. (H-36)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here