Ratusan Mahasiswa Baru Untirta Ikuti Tes Narkoba

SERANG, (KB).- Ratusan mahasiswa baru (Maba) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), mengikuti tes narkoba dan tes kesehatan di Klinik Pusat Untirta, Senin (25/3/2019).

Kepala Klinik Untirta Tricahyan mengatakan, pihaknya diberikan amanah untuk melakukan tes narkoba dan tes kesehatan. Untuk tes narkoba pengecekannya dengan metode mengambil urine, kemudian dibawa ke laboratorium yang telah bekerja sama dengan Untirta.

Sedangkan untuk tes kesehatan peserta akan diperiksa buta warna atau tidak. Keadaan badannya dengan diukur tinggi dan berat badan, serta tekanan darahnya.

“Sampel tesnya banyak, maka hasilnya akan diketahui setelah satu minggu. Bagi yang terdeteksi positif narkoba pastinya akan dilaporkan kepada rektor atau pimpinan, sehingga keluar disposisi ke bagian registrasi. Atau pihak yang berwenang akan menentukan peserta ini layak diterima atau tidak menjadi mahasiswa Untirta,” kata Tricahyan kepada Kabar Banten.

Ia mengatakan, tes urine bagi mahasiswa baru di kampus cukup efektif mencegah peredaran narkoba. Tak hanya itu, agar kampus perlu melakukan pembinaan yang intensif, terkait bahaya narkoba kepada para mahasiswa.

“Pemeriksaan tersebut dilakukan agar kampus bersih dari tindakan pemakaian narkoba. Perlu adanya sosialisasi agar mahasiswa tahu bahaya menggunakan narkoba,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Fatah Sulaiman mengatakan, calon mahasiswa baru harus melakukan registrasi secara online di http:// maba.untirta.ac.id. mereka harus mengikuti tes kesehatan dan narkoba sesuai dengan jadwal tes kelompok pusat dimulai sejak 25-27 Maret 2019.

“Tes tersebut diperpanjang hingga 29 Maret 2019. Kegiatan tes kesehatan dan narkoba tersebut untuk menghindari peserta yang memakai narkoba, karena kami ingin kampus ini bersih dari narkoba,” tuturnya. (DE/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here