Ratusan Aktivis Siap Demo Kantor Kecamatan

LEBAK, (KB).- Ratusan aktivis organisasi pemuda dan mahasiswa di Kabupaten Lebak yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Banten (ALAMBA), akan menggelar aksi solidaritas bertempat di depan kantor Camat Kecamatan Malingping, Rabu (2/8/2017). Rencana aksi itu dituangkan dalam surat resmi Aliansi Masyarakat Banten (ALAMBA) bernomor 01/ALAMBA/VIII/2017, tentang pemberitahuan unjuk rasa yang ditujukan pada Kapolsek Malingping.

Pada surat yang ditandatangani oleh koordinator Sobirin. Aksi tersebut dilakukan menyusul adanya langkah Camat Malingping, Sukanta yang telah membuat laporan pengaduan atas dugaan tindak pidana perbuatan pencemaran dan penghasutan sesuai pasal 28 jo pasal 27 ayat 2 jo pasal 45 ayat 2 UU RI no 11 tahun 2008 tentang informasi dan elektronik (Ite) terhadap pemilik akun facebook, Egi Ramadhan.
Korlap aksi, Erot Rohman kepada Kabar Banten mengatakan, rencana tersebut dilakukan karena Camat Malingping, Sukanta, dinilai sudah membungkam budaya kritis masyarakat dengan arogansi kekuasaan.

“Besok adalah aksi solidaritas dari aliansi masyarakat Banten yang mengecam keras langkah yang diambil oleh Camat Malingping yang telah kriminilisasi aktivis Eggi Ramadhan. Langkah ini juga dinilai sebagai upaya pejabat publik dalam membungkam budaya kritis masyarakat. Seandainya camat beranggapan bahwa masyarakat adalah mitra dan ketika ada kritikan itu kan bisa selesai dengan komunikasi yang baik.

Sementara itu, Camat Malingping, Sukanta mengatakan, terkait aksi menurutnya merupakan perwujudan dari hak untuk menyuarakan aspirasi. Namun ia berpesan agar dalam melakukan aksi tidak melakukan hal-hal yang tidak diinginkan. Dijelaskan Sukanta, dibuatnya laporan pengaduan ke Mapolsek sebagai upaya persuasif dan pembinaan kepada warga. Selain itu, agar diperoleh kejelasan sebab siapapun ketika melakukan upaya-upaya yang terindikasi menjurus kepada perbuatan pencemaran dan penghasutan seperti dimediasi sosial ada sanksi hukumnya. (H-34)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here