Ratu Ati Marliati Ajak Pramuka Berperan Aktif

Wakil Wali Kota Cilegon Ratu Ati Marliati menyematkan lencana kepada Ketua Lembaga Pemeriksa Keuangan, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka, Pusat Penelitian dan Pengembangan Gerakan pramuka dan Pandega Tingkat Cabang Kota Cilegon masa bakti 2019-2024, di Aula Setda Kota Cilegon, Rabu (12/2/2020).*

CILEGON, (KB).- Wakil Wali Kota Cilegon Ratu Ati Marliati mengajak pengurus dan anggota pramuka di Kota Cilegon, berperan aktif. Hal itu disampaikan Ratu Ati saat melantik Ketua dan pengurus Lembaga Pemeriksa Keuangan, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka, Pusat Penelitian dan Pengembangan Gerakan pramuka dan Pandega Tingkat Cabang Kota Cilegon masa bakti 2019–2024, di Aula Setda Kota Cilegon, Rabu (12/2/2020).

“Dengan dilantiknya kepengurusan yang baru ini saya mengajak pramuka untuk selalu merespon positif dan berpartisipasi aktif terhadap seluruh program dan kegiatan di Kota Cilegon, skaligus menyempurnakan dan meningkatkan pendayagunaan potensi kuartir cabang, seperti sumber daya manusia, materi pendidikan sistem pembinaan serta manajement organisasi,” ujarnya.

Ratu Ati yang juga Ketua Kwarcab Pramuka Cilegon berharap gerakan pramuka semakin mendapat perhatian dari generasi muda, karena secara nyata mampu mencetak kaum muda cinta tanah air, berpendidikan, berwatak / berkarakter, dan berbudi pekerti luhur serta mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi.

”Gerakan Pramuka juga harus lebih kreatif dan bergerak dinamis mengikuti arus perkembangan zaman. Jika tak mau berpikir kreatif, bukan tak mungkin akan kehilangan banyak peminat di masa depan,” katanya.

Menurut dia, adaptasi dan pemahaman yang memadai ihwal hal-hal yang menjadi objek ketertarikan para pemuda mutlak harus dikuasai agar proses regenerasi pramuka bisa terus dipertahankan.

“Perlu dilakukan ‘rebranding’ pramuka baru yang diminati kaum muda, Pramuka hendaknya dapat mengikuti perkembangan zaman dan tidak terkesan kuno dalam era komunikasi digital dewasa ini,” tuturnya.

Pramuka, kata dia, harus dapat menangkap fenomena ini dalam era kebebasan berkomunikasi. Sebab, sebagian besar generasi saat ini ialah mereka yang lahir dan besar di tengah-tengah arus kebudayaan siber. Mereka selalu terkoneksi dengan pelbagai platform media sosial yang tersedia dalam gawai di genggaman tangan.

Ratu Ati juga menginginkan prestasi gerakan pramuka di Kota Cilegon lebih meningkat dan dapat mencetak generasi muda yang lebih baik.

“Semoga dengan pengurus yang baru, prestasi gerakan pramuka di kota Cilegon lebih meningkat lagi dan dapat mencetak generasi muda sebagia tunas bangsa yang lebih baik, bertanggung jawab, dapat mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif dan ikut serta dalam pembangunan nasional,” ujarnya.

Untuk mencapai harapan dan keinginan itu, menurut dia, peran pengurus pramuka sangat penting untuk meningkatkan mutu serta peran aktif pramuka.

Dalam pokok pengorganisasian gerakan pramuka telah disebutkan, betapa pentingnya fungsi dan peran sebagai pengurus kemampuan anggota pramuka untuk berkembang dan meningkatkan mutu pramuka tidak lepas dari peran aktif para pengurus pada tupoksinya masing masing, yaitu memberikan bimbingan dan tuntunan, pengarahan saran dan nasihat dalam permasalahan, moral, mental maupun psikologis untuk meningkatkan kondisi dan kemampuan. (HS)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here