Rangkasbitung Banjir Durian

Kota Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, dibanjiri durian dari berbagai daerah. Hampir di setiap titik keramaian, nampak kios-kios penjual durian.

Selain durian asli Lebak, durian yang membanjiri kota Rangkasbitung berasal dari berbagai daerah luar Jawa, seperti Lampung, Palembang dan Bengkulu. Namun untuk rasa, durian asli Lebak memiliki rasa yang manis dan daging yang tebal.

Ali, warga Cimarga mengaku jika dirinya pecinta buah berduri tersebut. Hampir setiap hari selalu membeli buah beraroma khas ini.

“Saya pecinta durian, saya tahu durian asal mana yang memiliki rasa enak. Dan saya lebih memilih durian asal Lebak,” kata Ali, Jumat (27/12/2019).

Salah satu penjual durian di jalan Gang Kibun Rangkasbitung, Maman mengatakan, bahwa dirinya sudah menjadi penjual durian sejak 15 tahun lalu. Setiap mengelar durian dagangannya ia mengaku langsung habis dalam hitungan jam.

“Durian yang saya jual asli dari Lebak, seperti dari Ciboleger, Sindangwangi Muncang dan Bojongmanik,” kata Maman.

Untuk rasa, kata dia, Durian asli Lebak jauh lebih lezat dibanding durian asal luar daerah.

“Kalau durian dari Lebak, rasanya manis dan dagingnya tebal, agak berbeda dengan yang luar Lebak, rasanya manis, hanya saja dagingnya kurang tebal,” ujar Maman. (Lugay)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here