Rangkap Jabatan Direksi BPRS Cilegon Mandiri Ditolak

CILEGON, (KB).- Kantor Regional I Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wilayah DKI Jakarta dan Banten kabarnya telah merespons usulan Pemkot Cilegon terkait pengisian jajaran direksi PT Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Cilegon Mandiri (CM). Usulan berisi jabatan Direktur Utama (Dirut) BPRS Cilegon Mandiri yang merangkap sebagai Direktur Operasional tersebut ditolak oleh OJK.

Hal tersebut dikatakan oleh anggota Komisi III DPRD Kota Cilegon Rahmatulloh. Politikus Partai Demokrat tersebut mengatakan, informasi tersebut berasal dari sumber yang dipercaya.

“Saya dapat informasi jika OJK telah menolak usulan Pemkot Cilegon selaku pemegang saham utama PT BPRS-CM. Ini sesuai prediksi kami, sebab tidak mungkin OJK menyetujui jika jabatan dirut merangkap jabatan direktur,” katanya, Ahad (12/1/2020).

Baca Juga : Dirut BPRS Cilegon Mandiri Diusulkan Rangkap Jabatan

Tidak hanya persoalan rangkap jabatan, pengalaman Gugun Apit Gunarta sebagai sosok yang diusulkan oleh Pemkot Cilegon untuk menjadi dirut tidak lolos kualifikasi. Mengingat Gugun sebagai pensiunan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Cilegon, tidak memiliki pengalaman di bidang perbankan.

“Ditambah lagi, pak Gugun itu kan belum pernah bekerja di perbankan. Tentu OJK akan ragu dengan pilihan pemkot. Karena, dunia perbankan tidak bisa dipimpin oleh orang sembarangan,” ucapnya.

Ia menyarankan, agar Pemkot Cilegon segera mengkaji ulang sosok Dirut BPRS-CM yang akan diusulkan ke OJK. Ia meminta, agar pemkot tidak gegabah, meminta, agar dirut rangkap jabatan.

“Pak Gugun saya kira bersabar dulu, pemkot jangan langsung menyimpan yang bersangkutan sebagai direktur utama. Pilih orang yang tepat, sebab ini perusahaan perbankan, berbeda dengan PDAM dan PT PCM,” tuturnya.

Sementara itu, Asda II Setda Pemkot Cilegon Tubagus Dikri Maulawhardana saat hendak dikonfirmasi belum bisa dihubungi. Begitu juga Plt Dirut PT BPRS-CM Idar Sudarma, juga Komisaris Utama PT BPRS-CM Dadang Jumena. (AH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here