Raih Penghargaan Adiwiyata, SDN Gadaraha Kota Serang Komitmen Peduli Lingkungan

Kepala SDN Gadaraha Mad Nur saat memberikan penjelasan tentang tanaman di Lingkungan SDN Gadaraha Kota Serang, Selasa (28/7/2020).*

SERANG, (KB).- SD Negeri Gadaraha Kota Serang meraih penghargaan sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Banten. Dengan raihan tersebut, pihaknya terus berkomitmen untuk menjadi sekolah yang peduli terhadap lingkungan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala SDN Gadaraha Mad Nur, saat ditemui di SDN Gadaraha Kota Serang, Selasa (28/7/2020).

“Pada 2019, kami mendapat penghargaan di tingkat Kota Serang sebagai sekolah Adiwiyata. Kemudian, dari tingkat Kota Serang kami melanjutkan di tingkat Provinsi Banten mendapatkan penghargaan di 2020. Target kami ke depan biasa mewakili Kota Serang dan Provinsi Banten, untuk ke melaju ke tingkat nasional,” katanya kepada Kabar Banten.

Ia menjelaskan, sebelum mendapatkan penghargaan Adiwiyata di tingkat Provinsi Banten tersebut, pihaknya melakukan berbagai persiapan. Salah satunya sarana dan prasarana yang mendukung penilaian Adiwiyata, seperti perangkat pembelajaran dan program pendidikan lingkungan hidup.

“Kami membiasakan anak untuk tidak membuang sampah sembarangan, kami juga meminimalisir penggunaan plastik. Selain itu, juga ada apotek hidup serta menanam pohon dan mendaur ulang sampah. Menyediakan tempat cuci tangan,” ujarnya.

Ia menuturkan, pihaknya akan terus memberikan edukasi kepada peserta didik untuk menjaga lingkungan ataupun melakukan bercocok tanam baik di lingkungan sekolah maupun rumah mereka masing-masing. Namun, saat ini pihaknya harus merawat dan membersihkan tanaman sendiri, karena murid belajar di rumah masing-masing.

“Kami memberikan edukasi kepada anak-anak, agar mencintai lingkungan serta membiasakan, agar tidak membuang sampah sembarangan. Kemudian, kami jug mempunyai kantin sehat serta kami juga melakukan pembinaan kepada warga di lingkungan sekolah, agar ikut serta menjaga lingkungan sekolah,” ucapnya.

Ia berharap, pencapaian yang sudah diraih bisa dilanjutkan dan dipertahankan. Sejak kecil harus sudah dibiasakan untuk mencintai lingkungan dan hidup bersih dan sehat.

“Kami juga mengedukasi peserta untuk selalu menjaga kebersihan pada masa pandemi Corona Virus Disease (Covid-19), anak-anak harus menjaga kebersihan dan hidup sehat,” tuturnya. (DE/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here