Puncak Peringatan Harganas 2019, Menko PMK: Keluarga, Pondasi Membangun Kehidupan Sejahtera

Menko PMK Puan Maharani didampingi Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo secara simbolis menyerahkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada penerima, pada acara puncak peringatan Harganas 2019, di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Sabtu (6/7/2019)*

BANJARBARU, (KB).- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan, Harganas yang diperingati setiap tanggal 29 Juni adalah momentum untuk memberikan motivasi kepada masyarakat agar lebih menyadari dan memahami pentingnya keluarga sebagai pondasi membangun kehidupan yang sejahtera.

Hal tersebut dikatakan Puan saat menghadiri sekaligus membuka secara resmi acara puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Tahun 2019 di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Sabtu (6/7/2019).

Dalam kegiatan tersebut, Menko PMK Puan Maharani didampingi Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo, dan Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor.

Dalam sambutannya, Puan menyampaikan bahwa peringatan Harganas dengan tagline ‘Cinta Keluarga, Cinta Terencana’, mengajak kita semua bahwa mencintai keluarga berarti kita merencanakan keluarga yang bahagia, sejahtera, dan berbudaya.

Ia mengatakan, pada prinsipnya, keluarga menjadi tempat pertama yang berfungsi untuk melindungi, membimbing, dan memberdayakan anggota keluarga baik secara sosial, ekonomi, dan budaya. Keluarga berperan penting dalam membangun budi pekerti, etika, norma dalam bermasyarakat, dan juga dalam memperteguh Pancasila pada kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Untuk dapat membangun keluarga dan kependudukan Indonesia, dibutuhkan peran aktif dari seluruh pihak baik anggota keluarga, masyarakat, dan pemerintah. Mari bergotong royong mengambil peran dan tanggung jawab, untuk mewujudkan keluarga Indonesia, keluarga yang tenteram, sejahtera, dan berbudaya,” ujar Puan.

Pada kegiatan tersebut, Menko PMK juga menyematkan penghargaan tanda penghormatan Satya Lencana Pembangunan, Satya Lencana Wira Karya, dan Manggala Karya Kencana kepada 42 kepala daerah yang hadir, terdiri dari Gubernur, Bupati, dan Walikota.

Selain itu, pada kegiatan tersebut, Menko PMK juga menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) secara simbolis kepada penerima bantuan sosial. Di akhir acara, Menko PMK turut menyapa dan berinteraksi langsung dengan Kelompok Kegiatan Kampung KB melalui video call.

Sebelumnya, Kepala BKKBN Hasto Wardoyo dalam sambutannya menyampaikan bahwa peserta yang hadir dalam kegiatan ini terdiri dari berbagai kelompok masyarakat dan kelompok kegiatan yang selama ini mendukung program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) diantaranya kelompok Bina Keluarga Balita, Bina Keluarga Remaja dan Pusat Informasi Konseling Remaja, Bina Keluarga Lansia, Remaja Generasi Berencana (Genre), Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UUPKS), kader Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), anggota Pramuka serta anggota masyarakat penerima manfaat dari KIS dan PKH.

Ia mengatakan, tema sentral Harganas ke-26 tahun 2019 ini adalah ‘Hari Keluarga, Hari Kita Semua’. Sedangkan Slogannya ‘Cinta Keluarga, Cinta Terencana’. Melalui program Pembangunan Keluarga, diharapkan setiap keluarga di Indonesia adalah keluarga yang bahagia sejahtera, meningkat kesejahteraan dan taraf hidup keluarganya. Hal itu, kata Hasto, dapat ditempuh melalui berbagai program pembinaan ketahanan keluarga, serta pemberdayaan ekonomi keluarga.

“Setiap keluarga diharapkan dapat menjalankan 8 fungsi keluarga secara optimal, yaitu agama, cinta kasih, perlindungan, ekonomi, pendidikan, reproduksi, sosial budaya dan fungsi pembinaan lingkungan. Sehingga pada akhirnya akan terbentuk generasi emas bangsa Indonesia yang berkualitas berkompeten dan berkarakter,” ujar Hasto.

Ia berharap, peringatan Harganas ke-26 ini dapat dijadikan sebagai pemersatu program yang menjadi daya ungkit bagi sinergitas antara BKKBN, Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota, Tim Pengerak PKK serta mitra kerja dengan memberdayakan masyarakat desa dengan pelembagaan Kampung KB sebagaimana telah dicanangkan oleh Bapak Presiden Republik Indonesia pada tanggal 14 Januari 2016 di Mertasinga, Cirebon, Jawa Barat,” ujar Hasto.

Di akhir sambutannya, Hasto menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan serta seluruh pihak yang telah membantu menyukseskan penyelenggaraan rangkaian kegiatan hingga acara puncak peringatan Harganas XXVI Tahun 2019.

“Terima kasih kepada Gubernur Kalimantan Selatan dan semua pihak yang telah memfasilitasi dan membantu menyukseskan penyelenggaraan Harganas ke-26 Tahun 2019. Peringatan Harganas Tahun 2020, akan diselenggarakan di Padang, Sumatera Barat,” ujar Hasto. (KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here