Puluhan Ribu Wisatawan Padati Pantai Anyer

Pantai wisata Anyer masih jadi primadona kunjungan wisatawan dari berbagai daerah. Banyak wisatawan yang memanfaatkan cuti bersama yang diberlakukan pemerintah pasca-Idulfitri 1438 H. Salah satu tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan adalah Pantai Pasir Putih yang berada di sekitar Teneng, Anyer Kab.Serang.

Menurut karyawan dan penjaga pantai, Burhan (50), puncak kunjungan di tempat wisata tersebut terjadi pada Sabtu-Ahad (1-2/7/2017). “Kalau puncak kunjungan wisata pada Sabtu dan Ahad kemarin, ada sekitar ribuan orang lebih. Hal itu terlihat dari banyaknya orang yang mandi, dan memanfaatkan keindahan Pantai Pasir Putih,” katanya kepada Kabar Banten, Ahad (2/7/2017).

Menurutnya, alasan kunjungan para wisatawan di pasir putih sangat beragam. Namun yang pasti, mereka ingin memanfaatkan liburan bersama keluarga. “Banyak alasannya, karena libur anaknya sekolah, cuti bersama macem-macem lah. Intinya mereka ingin refreshing di sini dan kami terima dengan senang hati,” ujarnya.

Untuk saat ini, ucap Burhan, kondisi masih ramai dan ada puluhan mobil yang keluar masuk, rata-rata berplat nomor dari luar Serang dan Cilegon. “Kalau melihat plat nomornya rata-rata dari Jakarta, Bandung, Sumedang, Bogor.Tapi ada juga dari masyarakat sekitar yang masuk di kawasan wisata ini. Kami berharap pada libur tahun baru nanti ada peningkatan kunjungan wisatawan,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolsek Anyer AKP Dedi Rudiman menyatakan, Anyer terkenal dengan wisata pantai yang indah dan bagus. Untuk itu, ia mengimbau wisatawan yang hendak menggunakan fasilitas tempat wisata seperti berenang, atau lainnya diharap hati-hati. “Kami mengimbau para wisatawan agar mematuhi tata tertib yang diberikan oleh pengelola tempat wisata untuk menjaga ketertiban, keindahan dan kenyamanan,” ucapnya.

Selain itu, lanjut dia, wisatawan juga diharap berhati-hati dalam melakukan aktivitas berenang di pantai, dan petugas sudah memasang rambu-rambu batas berenang. “Kami juga mengimbau wisatawan agar dalam berenang melihat batas akhir yang diberikan oleh pengelola wisata maupun lifeguard. Karena cuaca saat ini kurang bersahabat, untuk itu hati-hati dan waspada sangat perlu demi keselamatan bersama,” ujar Rusdianto.

Kerahkan 115 anggota

Sementara itu Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Banten mengerahkan 115 anggota guna mengamankan 40 objek wisata dan membentuk 9 Posko disepanjang Pantai Anyer, Cinangka, dan Carita Pandeglang.

Berdasarkan data yang dirilis selama libur panjang Hari Raya Idulfitri ini pengunjung yang datang ke kawasan wisata Pantai Anyer- Cinangka, Kabupaten Serang dalam sehari bisa mencapai belasan ribu. Salah seorang anggota Balawista Banten Jaka mengatakan, ratusan anggota balawista itu disebar di kawasan pantai dan perairan terbuka.

“Kami berharap wisatawan akan merasa nyaman dan aman untuk berlibur ke kawasan wisata Provinsi Banten. Selain itu, Balawista juga memasang spanduk dan rambu-rambu imbauan di kawasan wisata agar wisatawan memahami petunjuk keselamatan,” kata Jaka.

Sementara itu, Koordinator Bidang Komunikasi dan Informasi Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Banten Lulu Jamaludin mengatakan, tercatat data sekitar 25 ribu wisatawan yang berkunjung ke Anyer. “Kawasan Anyer-Cinangka jumlah wisatawan sekitar 25.800 wisatawan meliputi kawasan Pantai Anyer sampai Pantai Pasauran Cinangka,” ucap Lulu.

Sementara, lanjutnya, Kawasan Pantai Carita meliputi Pantai Matahari sampai Pantai Caringin jumlah wisatawan sekitar 29.900 wisatawan. Dan kawasan sekitar Tanjung Lesung antara Panimbang sampai Batu Hideung sekitar 12.600 wisatawan. Pengunjung ke kawasan Pantai Binuangen dan Cikeusik, berbatasan Pandeglang-Lebak, jumlah wisatawan 1.000 wisatawan. “Sedangkan di kawasan Pantai Bagedur dan sekitarnya kunjungan wisatawan mencapai 5.600 wisatawan. Dan kawasan Sawarna informasi terakhir kunjungan wisatawan sekitar 13.500 wisatawan,” tutur Lulu.

Mengenai kejadian dan kecelakaan di kawasan pantai yang ada di Banten, kata dia, semuanya ada empat peristiwa. “Pertama, satu kejadian wisatawan tenggelam dan berhasil diselamatkan di Pantai Batu Saung atas nama Komar warga Petir, Serang. Tiga anak hilang berhasil ditemukan dengan orangtuanya di Pantai Carita. Zaskia 10 tahun asal Bogor Habar, Ucup 4 tahun warga Depok, Arifin 9 tahun warga Cibubur,” ucapnya.

Untuk seorang luka di kepala, kata Lulu, karena benturan ketika dihantam ombak dan terbalik atas nama abas 30 tahun warga Bogor. Seorang tersengat ubur-ubur di Pantai Karsek Muara Binuangen, atas nama Riyan 12 tahun. “Balawista tidak menghitung kawasan akomodasi atau perhotelan tetapi hanya kawasan wisata terbuka yang sudah terintegtasi,” tuturnya. (Himawan Sutanto/”KB”)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here