Puluhan Mahasiswa Baru Untirta Pingsan

SERANG, (KB).- Puluhan mahasiswa baru (Maba) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) pingsan saat mengikuti pembukaan kegiatan pengenalan kampus (KPK) Untirta. Kegiatan tersebut diikuti oleh 3.533 Maba dari semua fakultas.  Koordinator Kesehatan, Dara mengatakan, sejak awal pembukaan sudah sebanyak 20 lebih mahasiswa yang pingsan. Tim kesehatan segera membawa mahasiswa tersebut untuk diberikan penanganan. “Lumayan banyak yang pingsan, berturut-turut,” kata Dara kepada Kabar Banten, Senin (14/8/2017).

Ia menjelaskan, faktor yang mengakibatkan mereka mengalami hilang kesadaran atau pingsan karena banyak yang belum sarapan saat berangkat ke kampus. Selain itu, faktor kelelahan pun memengaruhi serta kondisi tenda yang cukup panas yang didalamnya berisi ribuan orang.  “Iya karena kondisi tenda juga yang panas dan kelelahan. Kami terus berjaga-jaga di sekitar tenda,” ujarnya. Dara menuturkan, tim sempat kewalahan dengan banyaknya mahasiswa yang pingsan. Mayoritas yang pingsan adalah mahasiswi yang kelelahan dan belum sempat sarapan. “Kami telah mengimbau mereka agar di hari selanjutnya disempatkan untuk sarapan dan membawa bekal dari rumah,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana KPK Untirta, Imam Surya Kusumah menjelaskan, kegiatan KPK akan dilaksanakan pada 14-15 Agustus 2017. Ia membenarkan memang banyak yang tumbang dan sakit ringan karena banyak dari mahasiswa baru yang telat makan. “Pukul setengah 6 kami instruksikan datang karena kami harus mengondisikan barang bawaan maba dan acara mulai pukul 7 pagi,” kata Imam.  Ia menuturkan, untuk acara sendiri selesai hingga pukul 17.00. “Barang bawaan tidak ada yang berat, tetapi lebih ke arah makanan untuk kebutuhannya dan ATK saja,” ucapnya.

Imam mengatakan, kegiatan KPK lebih kepada pengenalan kampus dengan materi yang memang sudah ditetapkan oleh Permenristekdikti, seperti bela negara, wawasan kebangsaan serta bahaya narkoba. Kemudian dari sisi pengenalan kampusnya mengenalkan dengan organisasi mahasiswa (ormawa) di tingkat universitas serta unit kegiatan mahasiswa (UKM). “Kami juga mengundang Najwa Shihab sebagai pemateri,” ujar Imam. (H-49)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here