Rabu, 21 November 2018
Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya bersama Sekretaris Daerah, Dede Jaelani saat mencoba proses pembakaran gas methan di Tempat Pembuangan Sampah Akhir Dengung, Sajira, Lebak, akhir tahun lalu.*

Puluhan KK Nikmati Gas Methan Gratis

LEBAK, (KB).- Sedikitnya 20 kepala keluarga yang bermukim disekitar tempat pembuangan sampah akhir (TPA) Kampung Dengung, Kecamatan Maja, kini telah menikmati gas methan yang merupakan gas yang dihasilkan dari sampah organik di TPA tersebut. Dengan adanya pasokan gas methan untuk kebutuhan memasak, warga kini tak lagi menggunakan gas elpiji.

Kepala Unit Pelaksana Tekhnis TPA Dengung, Fariansyah mengatakan, pasokan gas methan yang didistribusikan pada warga sekitar TPA berasal dari proses pembusukan sampah organik yang berada di TPA dengan menggunakan sistem pipanisasi.

”Pendistribusian gas methan menggunakan pipanisasi dilakukan secara bertahap. Awalnya hanya mampu didistribusikan kepada lima rumah milik lima KK di Dengung, namun sekarang jumlah yang menerima pendistribusian gas methan mencapai dua puluh KK,” kata Fariansyah, Senin (6/11/2017).

Menurutnya, gas methan dari hasil pembusukan sampah organik ini tentunya sangat bermanfaat bagi warga, karena setelah pendistribusiannya dilakukan, maka wargapun tidak perlu lagi membeli gas elpiji. ”Gas methan ini bisa menghemat biaya warga. Karena dengan menggunakan gas methan ini, maka puluhan KK di Dengung tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membeli gas elpiji,” ujarnya.

Ketika ditanya, apakah gas methan tersebut bisa didistribusikan kepada warga Dengung yang belum menikmatinya, menurut Fariansyah bisa saja dilakukan, asalkan warga Dengung dipersilakannya untuk mengusulkannya ke pihaknya.

Murnah, warga Kampung Dengung yang kini menggunakan gas methan mengaku sangat terbantu, karena tidak lagi memikirkan untuk membeli gas elpiji. Bahkan, gas methan pun bisa dipakai kapan saja, seperti halnya kita menggunakan gas elpiji. ”Kami sebagai warga yang telah menikmati gas methan sangat berterima kasih kepada pihak TPA Dengung, karena dengan adanya gas methan ini sangat membantu, ” kata Murnah. (Lugay/Job)***


Sekilas Info

Mengaktualisasikan Ajaran Alquran Melalui MTQ

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) atau lomba membaca Alquran dengan lagu yang selama ini sudah dikenal, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *