Puluhan ASN Kota Cilegon Mangkir

CILEGON, (KB).- Plt Wali Kota Cilegon, Edi Ariadi bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Sari Suryati melakukan inspeksi ke sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon, Senin (23/10/2017). OPD yang pertama didatangi Plt Wali Kota Cilegon adalah Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Cilegon yang berlokasi di Ruko PCI.

Pantauan di lokasi, Edi yang didampingi Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Mahmudin langsung menuju gedung yang sempat menghebohkan karena berurusan dengan KPK itu. Di instansi ini diketahui puluhan ASN tidak tampak di ruang kerjanya. Plt Kepala DPMPTSP Kota Cilegon Dana Sujaksani, membenarkan adanya beberapa pegawai DPMPTSP yang tidak berada di tempat kerjanya karena belum datang.

Ia membantah kalau kunjungan Plt Wali Kota dan Sekda beserta jajarannya adalah Sidak. “Bukan, bukan sidak, hanya kunjungan biasa, Pak Plt ingin melihat kinerja ASN secara langsung dan memberi pembinaan serta pembekalan semua ASN yang bertugas di sini,” katanya. Ia menuturkan, kehadiran pegawai pada instansi tersebut sekitar 80 persen, yang tidak hadir serta ikut apel diingatkan langsung oleh Plt. Dana mengaku selama dua minggu, dirinya menandatangani ratusan perizinan.

“Yang tidak apel dan izin memang banyak. Itu salah satu ‘PR’ bagi saya untuk melakukan pembenahan. Namun yang terpenting bagi saya pelayanan tetap jalan, dan menindaklanjuti supervise dari KPK, kemudian percepatan perizinan online dan pendelegasian kewenangan kepala daerah, serta membuat kode etik untuk pegawai DPMPTSP,” katanya.

Mencari tahu

Sementara itu, Plt Wali Kota Cilegon Edi Ariadi mengatakan, kunjungannya ke DPMPTSP sebagai langkah untuk mencari tahu apa yang kurang di dinas tersebut. “Kedatangan saya ke sini untuk mencoba mencari tau apa yang kurang di dinas ini, sehingga nantinya saya bisa mengarahkan untuk melengkapi, dan mengarahkan Kabid atau Kasi untuk menyelesaikan apa yang harus diselesaikan,” tuturnya.

Ia meminta kepada pegawai DPMPTSP untuk tetap fokus dalam melayani masyarakat. Jangan sampai menurunkan kualitas pelayanan yang sudah dilakukan. “Melayani harus nomor satu, tapi tetap dengan transparansi, responsibilitas dan tanggung jawab yang tinggi. Saya minta untuk selalu mengutamakan pelayanan,” ucapnya.

Plt Wali Kota Cilegon mengajak seluruh pegawai DPMPTSP untuk tetap bekerja di jalur yang benar dan menjaga kekompakan.  “Saya juga nantinya ingin mengajak birokrat untuk ‘right on the track’, pelayanan terbaik harus diutamakan, mainsetnya harus diubah, jaga kekompakan kita. Mari kita evaluasi mana utang pekerjaan yang belum terselesaikan agar dapat dijadikan tanggung jawab. Karena kalau pelayanan di sini jelek maka yang akan jelek Pemerintah Kota Cilegon,” kata Edi.

Selain mendatangi DPMPTSP, Plt Wali Kota Cilegon Edi Ariadi bersama Sekda dan jajarannya menyambangi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Cilegon. Inspeksi disiplin di instansi itu, Plt Wali Kota juga mendapati beberapa ASN yang tidak berada di ruang kerjanya. Menanggapi hal itu, Kepala DPKP Kota Cilegon, Nikmatullah akan memberi teguran kepada pegawainya yang tidak masuk kerja tersebut. (HS/HY)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here