Sabtu, 15 Desember 2018
Pulau Sangiang

Pulau Sangiang Akan Jadi Tempat Wisata Berburu

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang akan menetapkan Pulau Sangiang yang berlokasi di Desa Cikoneng, Kecamatan Anyer sebagai tempat tujuan wisata berburu babi hutan. Hal tersebut, dikarenakan keberadaan babi hutan di pulau tersebut, saat ini meresahkan masyarakat.

Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa menuturkan, belum lama ini masyarakat yang menggantungkan hidupnya dari hasil tani di Pulau Sangiang terganggu dengan mewabahnya babi hutan. Mereka berkirim surat kepada Pemkab Serang, agar segera mengatasi persoalan tersebut.

“Dulu di sana (Pulau Sangiang) gak ada babi hutan, sekarang banyak sekali yang merusak tanaman masyarakat dan merusakan pertanian masyarakat. Jadi, masyarakat kirim surat minta pertolongan kepada kami, istilahnya sebagai orangtuanya,” katanya, Jumat (30/11/2018).

Surat masyarakat tersebut direspons langsung oleh Pemkab Serang dengan menggelar rapat dengan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD). Ia memastikan, akan memburu babi hutan tersebut sampai habis.

“Tapi, pendekatannya kami akan berkirim surat kepada pengelola PT Pondok Kalimaya Putih (PKP) selaku pemegang izin pemanfaatan hutan lindung di sana, bahwa Pulau Sangiang akan ditetapkan sebagai tujuan wisata berburu. Kami akan jadikan objek wisata berburu bagi orang-orang yang menyukai olah raga berburu atau wisata berburu,” ujarnya.

Menurut dia, selain dapat menyalurkan hobi berburu dan mengembangnya pariwisata di Pulau Sangiang, juga bertujuan untuk menyelamatkan pertanian masyarakat setempat. Namun, tutur dia, wisata berburu tersebut, waktunya akan ditentukan berdasarkan populasi babi hutan.

“Kami akan kaji di sana apakah akan kami jadikan objek wisata berburu sebulan sekali, sebulan dua kali, sebulan tiga kali atau empat kali. Jadi, tidak saban hari wisata berburu ke sana. Kami lihat juga populasinya. Kalau pengakuan masyarakat di sana memang dulunya tidak ada babi hutan, tapi sekarang penyebarannya, beranak-pinaknya banyak sekali,” ucapnya. (Dindin Hasanudin)*


Sekilas Info

Wisata Pantai Gratis di Anyer Perlahan Hilang

KEINDAHAN Pantai Anyer yang secara letak geografis berada di Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Banten sudah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *