PT SMI Resmikan PAUD Al-Hikmah Puloampel

Melanjutkan komitmen PT Chandra Asri Petrochemical (CAP) dalam dunia pendidikan, PT CAP melalui entitas anak perusahaan, yakni PT Styrindo Mono Indonesia (SMI) meresmikan bangunan PAUD Al-Hikmah pada Rabu, 12 Februari 2020.

Peresmian ini dihadiri oleh Dr. Asep Nugrahajaya Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Serang, H. Basri Lurah Desa Margasari, Kecamatan Puloampel diwakili oleh Sekretaris Camat, dari Manajemen PT SMI dihadiri oleh Direktur Manufacturing Somkoun Sriwattagaphong, General Manager PT SMI Syafri Rustam, Department Manager Abraham Sinatrawan beserta jajarannya.

Sebelumnya PAUD Al-Hikmah merupakan satu dari sekian banyak PAUD yang kurang layak yang terletak di Kabupaten Serang. Berlokasi di Desa Margasari, Kecamatan Puloampel, Kabupaten Serang, PAUD Al-Hikmah kini telah berdiri kokoh setelah melalui proses pembangunan selama kurang lebih empat bulan bekerjasama dengan Yayasan Happy Hearts Indonesia.

Kegiatan simbolis peletakkan batu pertama sendiri telah dilaksanakan pada 11 November 2019 lalu, dilanjutkan dengan kegiatan volunteer oleh sejumlah relawan dari SMI yang membantu langsung proses pembangunan PAUD, mulai dari pengangkatan material, pengikatan besi, pengadukan adonan cor, hingga penggalian septic-tank.

PAUD Al-Hikmah telah berdiri sejak tahun 2012 untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak usia dini di Kampung Ragas Sambilawang, Awalnya keberadaan PAUD mendapat sambutan hangat dari masyarakat sekitar, di tahun pertama terdapat 43 siswa yang tergabung dalam PAUD.

Seiring waktu, karena kondisi fasilitas pembelajaran dan ruang kelas yang kurang layak, warga lebih memilih untuk menyekolahkan anaknya langsung ke Taman Kanak-Kanak yang berlokasi di Kampung lain. Kini hanya terdapat 18 siswa dengan 3 guru pembimbing kegiatan PAUD.

Sehari-harinya, kegiatan belajar mengajar PAUD Al-Hikmah dilaksanakan di ruang tamu rumah milik Ibu Kepala Sekolah, Ibu Kamsanah dengan kondisi ruang kelas yang sempit dan gelap, tanpa kursi dan meja maupun fasilitas pendukung lain. Hal tersebut melatarbelakangi PT SMI untuk membantu PAUD Al-Hikmah agar memiliki bangunan yang layak dan nyaman untuk menimba ilmu.

Bersamaan dengan kegiatan peresmian, PT SMI secara simbolis juga memberikan donasi buku beserta rak pada PAUD Al-Hikmah, sejalan dengan program Pojok Literasi yang tengah digagas perusahaan. Tujuan utamanya adalah membuka akses membaca pada anak usia sekolah di kota Cilegon. Rencananya 7 sekolah dari tingkat PAUD dan Sekolah Dasar akan menjadi sasaran dari donasi buku dan rak tersebut.

PAUD Al-Hikmah sendiri merupakan PAUD ke-3 yang telah dibangun oleh Chandra Asri dan entitas anak perusahaan. Sebelumnya perusahaan juga telah membantu pembangunan kembali PAUD Barokah 1 dan PAUD Widuri di Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon.

Syafri Rustam, selaku General Manager PT SMI sendiri menekankan kepedulian perusahaan pada kemajuan pendidikan, terutama bagi masyarakat yang berada di sekitar daerah operasi perusahaan. Beliau juga mengajak warga dan seluruh unsur masyarakat untuk bersama merawat gedung yang akan terbangun, yang akan menjadi milik bersama, demi kebermanfaatan seluruh masyarakat.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here