Minggu, 18 Februari 2018
Panitia rekrutmen calon tenaga kerja dari PT Mitsuba Indonesia dan SMK PGRI 3 Kota Serang berfoto bersama seusai pengarahan.*

PT Mitsuba Rekrut Tenaga Kerja di SMK PGRI 3 Kota Serang, Persaingan Makin Ketat

SERANG, (KB).- Menjelang akhir 2017, SMK PGRI 3 Kota Serang kembali mendapat kado istimewa berupa tawaran kerja dari PT Mitsuba Indonesia. Kamis (19/10/2017), HRD PT Mitsuba menyambangi pihak sekolah untuk melakukan serangkaian tes terhadap 42 lulusan yang akan dipekerjakan di perusahaan tersebut. Rekrutmen kali ini lebih selektif mengingat persaingan semakin ketat.

Bagi PT Mitsuba, rekrutmen tersebut merupakan kali keempat di SMK PGRI 3 setelah pada awal Januari tahun ini juga melaksanakan kegiatan yang sama. “Syukur alhamdulillah, ini merupakan kado dan kehormatan bagi kami di akhir tahun. Padahal, perusahaan ini Januari lalu sudah melaksanakan rekrutmen tenaga kerja di sekolah kami,” kata Kepala SMK PGRI 3 Kota Serang, Drs H Halili, MM, saat ditemui Kabar Banten, di sela-sela tes, Kamis (19/10/2017).

Ia sangat bersyukur, dalam tiga tahun terakhir ini gelombang tawaran kerja dari sejumlah perusahaan terus membanjiri SMK PGRI 3, seperti PT INS, PT Nippon Corpindo Indomarco (NCI), PT Mitsuba Indonesia, dan perusahaan lainnya. Sebagaimana tes sebelumnya, para peserta mengikuti serangkaian tes, mulai seleksi administrasi, tes tertulis, wawancara, psikotes, dan pengukuran tinggi badan.

“Seleksinya sangat ketat. Selain harus memiliki kemampuan akademik, mental yang bagus, siap bekerja, juga tinggi badan harus sesuai dengan aturan yang ditetapkan perusahaan, yaitu bagi wanita minimal 155 meter dan bagi laki-laki minimal 165 meter,” ujarnya yang didampingi Ketua BKK sekaligus Wakasek Humas, Nurul Hakim, S.Pd. Sementara, tim seleksi dari pihak perusahaan, ditangani langsung HRD PT Mitsuba Indonesia, Yessi Maidhona dan Husen.

Sebelum tes, para peserta mendapat arahan baik dari PT Mitsuba maupun SMK PGRI 3. Yessi selaku HRD PT Mitsuba dalam arahan menuturkan, dalam rekrutmen pegawai, PT Mitsuba selain memilih tenaga terampil dan cerdas, juga disiplin tinggi.  “Perusahaan kami bergerak di bidang otomotif dan memiliki mesin yang cukup tinggi, maka tinggi badan karyawan pun harus disesuaikan. Untuk itulah mengapa di PT Mitsuba tinggi badan menjadi prasyarat diterimanya menjadi karyawan,” ucapnya.

Punya komitmen

Menjawab pertanyaan, mengapa memilih lulusan dari SMK PGRI 3, dengan tegas Yessi mengatakan, bahwa lulusan SMK PGRI 3 sesuai dengan standar yang diinginkan perusahaan. “Dan yang lebih suka lagi dari SMK PGRI 3, kepala sekolah dan gurunya memiliki karakter 3K, yaitu komunikatif, kooperatif, dan komitmen (amanah),” tuturnya.

Melalui komunikasi yang lancar, kata dia, segala persoalan sangat mudah dipecahkan. Kooperatif, yaitu cepat tanggap. Apa yang diinginkan perusahaan segera disiapkan atau dipenuhi. “Dan komitmen, mampu menjaga kepercayaan (amanah). Apa yang sudah disepakati ditaati dan dipatuhi,” katanya.

Menyambut positif

Kepala SMK PGRI 3 Kota Serang, Drs H Halili MM menyambut positif dan sangat berterima kasih kepada pihak PT Mitsuba Indonesia yang bersedia menampung lulusan SMK PGRI 3 untuk ke sekian kalinya. “Ini merupakan kehormatan sekaligus kebanggaan bagi kami, karena lulusan sekolah kami bisa tersalurkan. Mudah-mudahan saja hasilnya sesuai harapan,” ujarnya. (DE)***


Sekilas Info

Untirta Siapkan Pendirian Program Studi S1-Gizi

SERANG, (KB).- Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) melakukan persiapan pengusulan program studi (prodi). Prodi tersebut akan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *