PSSI Serang Intens Bina SSB di Kota Serang

SERANG, (KB).- Pengurus Asosiasi Kota (Askot) PSSI Serang terus melakukan pembinaan terhadap sekolah sepak bola (SSB) di Kota Serang. Hal tersebut dilakukan agar muncul pemain berbakat di Kota Serang.

Ketua Askot PSSI Serang Zeka Bachdi menuturkan, saat ini SSB yang ada dalam naungan Askot PSSI Serang berjumlah 26 SSB. “Dari 26 SSB tersebut semua sudah memiliki badan hukum yang jelas, serta sudah memiliki surat keputusan (SK) dari Kemenkumham dan sudah divalidasi oleh Inspektorat Kota Serang,” kata Zeka.

Di beberapa daerah, SSB itu biasanya tidak terlalu menjadi prioritas agenda kerja, sehingga banyak SSB yang tidak diperhatikan badan hukumnya. Namun di Kota Serang, melalui Askot PSSI semua SSB harus memiliki badan hukum. Hal tersebut dikatakan Zeka sebagai keseriusan Askot PSSI Serang dalam membina SSB-SSB di wilayah naungannya.

Setelah SSB memiliki badan hukum yang jelas, Askot PSSI Serang melakukan stimulan-stimulan melalui bantuan uang pembinaan yang diperolah dari dana hibah yang diberikan pihak Komite Olah raga Nasional Indonesia (KONI).

“Bantuannya berbentuk uang, karena kebutuhan masing-masing SSB itu beda-beda. Ada yang membutuhkan gaji pelatih, dan ada juga yang membutuhkan kaus tim (atau semacamnya). Setelah mendapatkan bantuan, mereka (SSB) melakukan SPJ kepada PSSI,” ujar Zeka.

Hal tersebut, lanjut Zeka, sudah berjalan dengan baik sesuai tujuan dan sebagai langkah pembinaan SSB untuk melahirkan pemain-pemain muda sepak bola berbakat. “Cikal bakal pemain sepak bola berbakat itu dari SSB, bukan dari PSSI. PSSI hanya regulator saja, selanjutnya yang mencetak pemain adalah SSB,” ucap Zeka.

Selain itu, dalam pembinaan SSB, Askot PSSI Kota Serang harus memastikan kompetisi harus bejalan dengan baik, sebagai sarana para siswa SSB mencari panggung dan mengasah kemampuan.

“Kompetisi rutin antar SSB se-Kota Serang juga sudah berjalan dengan baik. Desember lalu, baru saja selesai kompetisi piala Wali Kota Serang ke-3 Kelompok Usia 17. Juaranya SSB Serang Raya. Belum lagi ada tiga kompetisi rutin tahunan lainnya yang diselenggarakan PSSI Kota Serang pada U-12, U-14 dan U-17,” tutur Zeka. (FI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here