PSSI Banten Gelar Liga 3 Banten

SERANG, (KB).- Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Banten mengagendakan pertandingan Liga 3 Banten. Liga tersebut akan diikuti para peserta dari 8 kabupaten/kota se-Provinsi Banten. Saat ini Asprov PSSI Banten masih membahas persiapan penetapan peserta.

Diketahui, untuk perhelatan Liga 3 Indonesia akan dibagi menjadi tiga fase, yakni fase regional, nasional, dan internasional. “Pekan ini kita akan segera menggelar rapat. Dan di tanggal 20 Juli 2018 kita segera melakukan persiapan kongres di akhir bulan ini untuk menetapkan peserta,” ujar Ketua Asprov PSSI Banten Fahmi Hakim, Ahad (15/7/2018).

Ia mengatakan, kongres tersebut wajib digelar terlebih dahulu. Hal tersebut, kata dia, sudah diamanatkan oleh PSSI selaku induk sepak bola Indonesia. Prosedur tersebut akan diikuti Asprov Banten. “Bulan depan (Agustus, target pelaksanaan Liga 3). Kita siapkan gelar Liga 3 untuk persiapan menuju kompetisi yang ada di Provinsi Banten,” ucap Fahmi.

Ia menuturkan, setiap kota dan kabupaten di Provinsi Banten telah memiliki klub sepak bola untuk mengikuti ajang Liga 3 itu. Seperti Kota Serang dengan Serang Jaya, Pandeglang dengan Persipan kemudian klub Persitangsel. “Kaitan dengan klub yang akan ikut (kompetisi) tentu nanti ada di dalam kongres (diputuskan),” tuturnya.

Tujuan digelarnya Liga 3 Banten, kata Fahmi, merupakan sebuah kompetisi untuk menuju tahta ke Liga 2. Ia menilai semua klub di Banten mempunyai peluang untuk lebih maju lagi. “Tentu Liga 3 ini putaran pertamanya ada di tingkat Asprov. Hasil dari tingkat Asprov akan mewakili ke tingkat PSSI. Kami pikir klub-klub yang ada di Banten ini sudah layak untuk menuju tahta Liga 2,” tutur Fahmi.

Ia membantah jika pelaksanaan Liga 3 Banten ini mundur dari perencanaan semula. Sebab, pelaksanaan Liga 3 Banten sudah terjadwal dan tidak ada kendala dihadapi. “Kita ingin memberikan keleluasaan dulu agar persiapan semua klub matang. Sehingga ketika putaran tingkat provinsi dilakukan memiliki kompetisi yang berkualitas,” ujar Fahmi.

Ia berharap Liga 3 Banten menghasilkan juara yang mampu berbicara banyak di Liga Dua Indonesia. Harapan ke depan, klub yang ada di Provinsi Banten bermain di Liga Satu Indonesia. “Tentu ketika nanti bergabung kepada zona Liga 3 yang ada di PSSI, Banten dapat mewakili untuk menuju tahta ke Liga 2,” kata Fahmi.

Pelatih Serang Jaya, Halabi Asad menuturkan, sudah tidak sabar menunggu gelaran Liga 3 itu. Ia berharap Asprov Banten dapat segera memberikan pernyataan resminya terkait kapan pelaksanaan itu akan berlangsung. “Kompetisi masih belum jelas kapan mulainya. Karena kalau ini masih ada waktu kami ingin melakukan pertandingan uji coba,” ujar Halabi.

Ia menuturkan, tim Serang Jaya sudah sangat siap untuk menghadapi Liga Tiga Banten. Bahkan dia menargetkan disetiap pertandingan agar timnya tidak boleh kalah. “Saya sebagai pelatih tetap akan menargetkan agar setiap bertanding tidak kalah,” tutur Halabi. (FI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here