Proyek Pemda Sering Dikerjakan Akhir Tahun, Dinas PUTR Kota Cilegon Disoal

CILEGON, (KB).- Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon mempersoalkan pola pelaksanaan proyek infrastruktur Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kota Cilegon yang sering dilaksanakan mendekati akhir tahun.

Hal tersebut dinilai memengaruhi perkembangan pembangunan infrastruktur Kota Cilegon, di mana proyek-proyek pembangunan menjadi kurang optimal, karena dikerjakan secara terburu-buru.

Sehubungan itu, Kamis (17/10/2019), komisi terbaru di DPRD Kota Cilegon tersebut memanggil para pejabat Dinas PUTR Kota Cilegon.

Ketua Komisi IV DPRD Kota Cilegon Erick Airlangga Al-Ghozali meminta informasi kegiatan-kegiatan apa saja yang sedang dilakukan Dinas PUTR Kota Cilegon di 2019 ini.

“Kami tanya, kegiatan apa saja yang tengah dilakukan. Lalu, yang menjadi skala prioritas kegiatan apa,” katanya saat ditemui seusai memimpin hearing Komisi IV DPRD Kota Cilegon dengan Dinas PUTR Kota Cilegon, di Ruangan Komisi IV DPRD Kota Cilegon, Kamis (17/10/2019).

Pihaknya mendapat penjelasan jika pembangunan Gedung Setda Enam Lantai menjadi salah satu kegiatan prioritas dinas tersebut. Selain itu, pembangunan tandon di tiga titik untuk antisipasi banjir di musim hujan.

“Kegiatan cut and fill JLU (Jalan Lingkar Utara) pun jadi skala prioritas Dinas PUTR Kota Cilegon. Sayangnya, pihak PUTR tidak bisa memberikan data detail. Kami memaklumi, karena rata-rata para staf dan kabid adalah orang baru,” ujarnya.

Ia menuturkan, sebagian besar kegiatan yang dilaksanakan Dinas PUTR Kota Cilegon rata-rata dimulai pada Agustus dan September. Di mana pengajuan lelang dilakukan Juni dan Juli.

“Kami bertanya, kenapa pekerjaan-pekerjaan itu dilaksanakannya mendekati akhir tahun. Kenapa tidak dikerjakan di pertengahan atau bahkan di awal tahun. Itu kan lebih bagus, tidak terburu-buru jadinya,” ucapnya.

Komisi IV, tutur dia, akan memantau hasil kerja Dinas PUTR Kota Cilegon. Satu per satu pekerjaan akan dilihat di lapangan sebagai bahan evaluasi. “Makanya, kami akan lihat langsung ke lapangan, seperti apa hasil pekerjaan dinas jika polanya seperti itu,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) pada Dinas PUTR Kota Cilegon Ana Maulana sedang fokus pada pembangunan tandon di Sukmajaya, Kecamatan Jombang, Bulakan, Kecamatan Cibeber, serta Cibuntu, Kecamatan Ciwandan.

“Kegiatan prioritas kami, adalah pembangunan tandon. Selain itu, juga normalisasi sejumlah kali. Ini untuk antisipasi banjir, karena luapan air dari sejumlah aliran kali,” ujarnya.

Menurut dia, baru pembangunan tandon Sukmajaya yang telah berjalan. Sementara, kegiatan pembangunan tandon Bulakan dan tandon Cibuntu masih dalam proses lelang.

“Kalau Bulakan dan Cibuntuk masih proses lelang di KPKNL (Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang). Insyaallah di akhir Oktober nanti ada pemenang lelang dan langsung melakukan pekerjaan,” ucapnya. (AH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here