Rabu, 21 November 2018

Proyek JLU Terkendala, Pemkot Cilegon Akan Konsultasi ke KPK

CILEGON, (KB).- Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon berencana konsultasi ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), terkait proyek Jalan Lingkar Utara (JLU). Masalahnya, salah satu megaproyek yang diprogramkan Pemkot Cilegon itu, kini menghadapi kendala.

Diketahui sebelumnya, Pemkot Cilegon mengagendakan pembebasan lahan untuk JLU di akhir 2017. Akan tetapi, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Cilegon menyatakan pembebasan lahan baru bisa dilakukan di Mei 2018.

Karena, menurut pihak BPN, ada sejumlah tahapan yang harus dilalui Pemkot Cilegon sebelum melakukan pembebasan. Akibatnya, anggaran Rp 115 miliar yang telah dialokasikan Pemkot Cilegon untuk kegiatan pembebasan lahan, tidak akan terserap di tahun ini.

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Cilegon Edi Ariadi akan segera berkoordinasi dengan KPK dan BPK. Ini untuk meminta petunjuk terkait pembangunan JLU di 2018. “Pada 1 November ada MoU antara Pemkot Cilegon dengan Pemkot Bandung, pemrakarsanya KPK. Sekalian nanti saya akan konsultasi tentang JLU,” katanya seusai mengikuti rapat koordinasi JLU, di ruang rapat Wali Kota Cilegon, Senin (30/10/2017).

Edi membenarkan bahwa BPN Kota Cilegon menginstruksikan pembebasan lahan tidak dilakukan di tahun ini. Namun persoalan tidak berhenti sampai di situ. Nyatanya proses penyelesaian appraisal hingga saat ini belum selesai, begitu pula pembuatan peta bidang yang baru selesai di Desember mendatang.

Kondisi ini akan menyulitkan Pemkot Cilegon dalam menetapkan alokasi anggaran pembebasan lahan di 2018. Mengingat untuk mengalokasikan anggaran tersebut melalui APBD 2018, harus dilakukan sebelum Desember.  Sementara itu, Kepala Kantor BPN Cilegon Chris P Joko Sriyanto enggan menjawab pertanyaan wartawan. Joko terlihat bergegas menjauhi kerumunan wartawan yang hendak meminta konfirmasi. (AH)***


Sekilas Info

Digusur Buat Jalan Raya, Warga Karang Sari Minta Direlokasi

TANGERANG, (KB).- Warga di Lingkungan RT02/RW09, Kelurahan Karang Sari, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang menanti solusi dari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *