Proyek Gedung Setda Kota Cilegon, DPUTR Minta Suntikan Dana Rp 73 Miliar

CILEGON, (KB).- Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kota Cilegon mengajukan anggaran untuk lanjutan pembangunan gedung Setda Kota Cilegon 6 lantai pada 2020. Dinas tersebut meminta anggaran Rp 73 miliar, untuk membangun dua lantai tambahan dan arsitektur gedung.

Diketahui, saat ini Dinas PUTR Kota Cilegon mulai membangun gedung tersebut. Pada 2019, dinas mengawali pembangunan untuk 4 lantai dengan anggaran Rp 23 miliar. Tahun depan, Dinas PUTR Kota Cilegon meneruskan pembangunan menjadi 5 lantai. Selain menambah lantai, juga membangun arsitektur gedung juga detail-detail lain.

Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya pada Dinas PUTR Kota Cilegon Mugni mengatakan, usulan tersebut, telah tertuang pada Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) APBD Perubahan 2020.

“Kami sudah menuangkan usulan itu pada KUA PPAS. Kami ajukan Rp 73 miliar,” katanya, kemarin.

Menurut dia, pengajuan anggaran tersebut, sesuai dengan rencana awal. Di mana total anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan gedung setda 6 lantai,adalah Rp 98 miliar.

“Total anggaran yang dibutuhkan kan Rp 98 miliar, sementara yang sudah digelontorkan Rp 23 miliar tahun ini. Jadi, sisanya masih Rp 73 miliar,” ujarnya.

Pembangunan gedung tersebut, lanjut dia, ditergetkan selesai pada 2021. Sebab, proyek tersebut masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021.

“Ini memang masuk skala prioritas untuk kegiatan Pemkot Cilegon,” ucapnya.

Pada gedung nanti, akan digunakan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim), Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB), serta Bagian Pengadaan Barang dan Jasa.

“Rencananya memang untuk sejumlah dinas, tapi pada akhirnya bergantung pak wali,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pembangunan dan Rehabilitasi Gedung Negara pada Dinas PUTR Kota Cilegon Imanudin mengatakan, karena keterbatasan anggaran, pembangunan dilakukan secara bertahap.

Secara keseluruhan, proyek gedung setda enam lantai diproyeksikan selesai pada 2021. Gedung tersebut, memiliki luas 1.000 meter persegi, dengan ketinggian enam lantai sekitar 24 meter. Gedung tersebut, nantinya dilengkapi dengan lift sebanyak enam unit. (AH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here