Provinsi Pertama di Indonesia, Pengurus GNB Banten Resmi Dilantik

Wakil Ketua GNB Pusat, Adi Rohadi menyerahkan SK Pengesahan Pengurus Gerakan Nusantara Berdaya (GNB) Provinsi Banten kepada Ketua GNB Banten Hujaeri Sohari, usai melantik pengurus wilayah GNB Provinsi Banten dan 4 kabupaten/kota di Provinsi Banten, di Aula Kantor Perwakilan BI Banten, Kota Serang, Senin (16/12/2019).*

SERANG, (KB).- Pengurus wilayah Gerakan Nusantara Berdaya (GNB) Provinsi Banten dan pengurus GNB empat (4) kabupaten/kota di Provinsi Banten Periode 2019-2022 resmi dilantik oleh Wakil Ketua GNB Pusat Adi Rohadi, di Aula Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten, Kota Serang, Senin (16/12/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Erwin Soeriadimadja, pengurus GNB Provinsi Banten dan kabupaten/kota se-Provinsi Banten, serta pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) se-Provinsi Banten.

Wakil Ketua GNB Pusat, Adi Rohadi menyampaikan bahwa GNB Provinsi Banten merupakan provinsi pertama di Indonesia yang baru dilantik. Kronologis perjalanan GNB Banten, kata dia, sangat terasa dinamika perjuangan UMKM yang ingin segera tumbuh dan berkembang. “Insya Allah kedepannya Banten akan lebih baik dan UMKM-nya akan lebih sejahtera bersama GNB,” ujarnya.

Ia mengatakan, GNB lahir pada 10 Oktober 2019 di Jogjakarta dan pada November 2019 diselenggarakan rapat kerja nasional (Rakernas) yang dihadiri oleh 20 daerah di seluruh Indonesia. “GNB memiliki lima (5) identitas yang menjadi ciri khas di antaranya nilai ketulusan, kebersamaan, pemberdayaan, integritas dan keterbukaan,” ujar Adi.   

Pengurus GNB Banten dan 4 Kabupaten/Kota di Provinsi Banten foto bersama usai pelantikan.*

Ketua Panitia Penyelenggara kegiatan seminar ‘National UMKM Business Conference’ dan pelantikan Pengurus GNB se-Provinsi Banten, Agus Munandar menyampaikan bahwa pelantikan organisasi GNB Provinsi Banten diikuti oleh kabupaten/kota se-Provinsi Banten.

GNB, kata dia, adalah sebuah organisasi yang mempunyai keinginan turut serta membangun Negara, berkontribusi baik dalam melakukan pembinaan dan pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). “Mudah-mudahan apa yang dilakukan oleh teman-teman GNB dipermudah diperkuat hingga ini menjadi baik buat pelaku UMKM,” ujar Agus.

Sementara itu, Ketua GNB Provinsi Banten, Hujaeri Sohari menyampaikan terimakasih kepada BI Banten yang telah memfasilitasi terselenggaranya kegiatan tersebut. Ia menjelaskan bahwa GNB adalah gerakan pemberdayaan UMKM dan bagaimana bisnis UMKM kedepan menjadi tolak ukur di Provinsi Banten.

Selain itu, GNB Banten juga membawa semangat untuk membantu pemerintah dalam rangka meningkatkan UMKM agar lebih mandiri. Kedepan, kata dia, agenda yang akan dilakukan GNB Banten adalah dengan pola mentoring.

“Insya Allah, per-dua pekan sekali. Jadi teman-teman pelaku UMKM akan diundang dipertemuan mentoring bisnis. Kita akan berbagi bagaimana menumbuhkan bisnis UMKM,” ujarnya. (KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here