Prona Belum Terserap Total

PANDEGLANG, (KB).- Kuota untuk program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) atau prona di Desa Majau, Kecamatan Saketi belum terserap secara total. Sebab, dari kuota sebanyak 800 bidang tanah baru sekitar 436 bidang tanah yang baru diajukan warga untuk mendapatkan sertifikat kepemilikan hak tanah.

Tim pelaksana PTSL Desa Majau, Ai Suhendi mengatakan, sesuai data yang masuk baru tercatat sekitar 436 bidang tanah yang diajukan untuk pembuatan sertifikat. Sementara sesuai target yang ditetapkan BPN untuk Desa Majau sebanyak 800 bidang tanah.

“Untuk jumlah bidang tanah yang sudah didaftarkan sudah banyak, sekitar 436 bidang tanah, namun itu belum mencapai target yang ditetapkan untuk Desa Majau sebanyak 800 bidang tanah,” kata Tim pelaksana PTSL Desa Majau Ai Suhendi kepada Kabar Banten, di Kantor Desa Majau, Jumat (27/3/2020).

Ia mengatakan, dari catatan yang ada jumlah bidang tanah yang sudah didaftarkan sementara cukup merata. Namun demikian, pihaknya optimistis program tersebut bisa tercapai target, karena berkaitan dengan pelayanan masyarakat dalam pembuatan sertifikat tanah.

“Memang masih ada warga satu kampung yang belum mendaftarkan tanah dalam program tersebut. Warga tersebut berada di Kampung Bedeng atau Tundagan yang dikelilingi perkebunan kelapa sawit,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Majau Kecamatan Saketi, Andi Saefulhat menuturkan, dengan adanya program PTSL tersebut masyarakat bisa menyadari pentingnya kepemilikan sertifikat atas hak tanah.

“Saya harap kuota yang ada bisa terserap agar masyarakat tidak terjadi perselisihan kepemilikan tanah di desanya. Manfaatkan program ini, karena untuk kepentingan sertifikat tanah masyarakat,” tuturnya.

Ketua Komisi II DPRD Pandeglang Agus Sopian berharap masyarakat Desa Majau untuk memanfaatkan program PTSL, karena memudahkan dalam membuat sertifikat tanah masyarakat.

“Kepemilikan hak tanah sangat penting agar tidak terjadi konflik tanah baik di masyarakat maupun keluarga,” ucapnya. (Ade Taufik/EM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here