Program ‘Saum’ Dinilai Mubazir

CILEGON, (KB).- Program Sarana Angkutan Umum Massal (Saum) yang dilaksanakan Dinas Pehubungan (Dishub) Kota Cilegon Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon.

Anggota DPRD Komisi IV DPRD Kota Cilegon Erick Rebiin menilai, program tersebut terkesan mubazir, karena tidak sesuai peruntukkannya.

”Program tersebut tidak tepat sasaran. Bagaimana tidak? Sejak diresmikan pada Februari 2019 sampai dengan November ini tidak berjalan sesuai yang direncanakan,” katanya kepada Kabar Banten, Senin (4/11/2019).

Menurut dia, seharusnya perencanaan kegiatan harus melihat dari berbagai sudut pandang. Karena, dana yang digelontorkan dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tidak sedikit untuk melaksanakan program tersebut.

Ia mengaku melihat sendiri sejumlah Halte di sepanjang Jalan Aat-Rusli kumuh tidak terawat. “Jangan sampai program mandek, kemudian minta anggaran lagi,” ujarnya.

Wakil rakyat Kota Cilegon yang terpilih dari daerah pemilihan (dapil) Grogol-Pulomerak tersebut, menuturkan, selain program Saum yang mandek, pihaknya juga menyoroti rambu-rambu lalu lintas yang tidak berfungsi, seperti yang dipasang di perempatan Barokah.

“Saya juga mendapat laporan kalau lampu merah di perempatan Barokah yang ke arah pusat perbelanjaan mati. Sampai sekarang tidak ada perbaikan. Ini contoh kecil saja, bagaimana dengan yang lainnya. Seharusnya kebijakan dan program berjalan dengan baik dan benar,” ucapnya.

Sementara itu kepala Dishub Cilegon Andi Affandi mengatakan, sampai dengan saat ini belum ada progress perkembangan lebih lanjut mengenai program Saum. Namun demikian, pihaknya akan menambah sejumlah sarana seperti mobil bus dan halte.

“Kalau sekarang memang belum, tapi kami juga mengusulkan akan ada penambahan armada untuk menyukseskan program kami,” ujarnya.

Menurut Andi, untuk kebutuhan dua unit armada, pihaknya menganggarkan sekitar Rp.1,3 milyar. Selain itu, pihaknya akan membentuk Unit Pelaksana Teknis Sarana dan Prasarana (UPT Sarpras) agar bisa menjadi pengelola bus, sehingga bisa melayani masyarakat sesuai dengan program. (HS)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here