Program Pelatda Wushu Banten Balik ke Tahap Awal

SERANG, (KB).- Pengurus Provinsi Wushu Indonesia (Pengprov WI) Banten mengatur ulang program latihan atlet yang tergabung dalam Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Semula tahapan latihan sudah masuk ke persiapan khusus, karena PON ditunda hingga 2021, tahapan kembali ke semula yakni ke persiapan umum.

Pelatih Wushu Banten Iva Ainul Wava mengatakan, hal itu diberlakukan karena imbas dari mundurnya pelaksanaan PON XX Papua, membuat program latihan atlet harus diubah.

“Karena PON diundur, kami ubah program yang semula sudah di tahap persiapan khusus, sekarang kembali ke persiapan umum. Juga menyesuaikan dengan kalender kegiatan Pengurus Besar WI. Meski di situasi pandemi saat ini banyak ajang yang diundur,” ucapnya, Jumat (5/6/2020).

Sehingga, Iva mengaku untuk saat ini, pihaknya hanya memberikan program agar atlet tetap terjaga daya tahan tubuhnya saja.

“Karenakan latihan di rumah hanya memanfaatkan fasilitas sederhana, yang terpenting daya tahannya terjaga,” katanya kepada Kabar Banten.

Iva berharap, semua yang sudah terlaksana sejak awal tahun bisa dijadikan bekal untuk penanganan peningkatan kualitas atlet. Walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19 dan atletnya pun dipulangkan ke rumahnya masing-masing sejak April lalu.

“Ya sebelum pandemi, latihan atlet sebetulnya sudah dipusatkan. Karena pandemi, hingga saat ini latihan atlet dilakukan secara mandiri di rumahnya masing-masing. Dan selalu dipantau pelatih melalui daring,” ujarnya. (Azzam)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here