Program Doktor Untirta Diminati Lintas Kalangan

Koordinator Program Studi Program Doktor Untirta Sholeh Hidayat saat memberikan materi sosialisasi program Doktor, di Auditorium Untirta, beberapa waktu lalu.*

SERANG, (KB).- Program Doktor pendidikan pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) diminati lintas kalangan. Sampai hari terakhir pendaftaran Senin (16/3/2020), sudah ada 26 calon mahasiswa yang mendaftar.

“Seperti delapan orang berprofesi dosen, empat orang sebagai Kepala Taman Kanak-kanak (TK)/Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), SD dan SMK. Kemudian tiga orang sebagai pengawas/penilik Kementerian Agama dan Pendidikan Dasar, enam orang sebagai guru di SMP, SMA dan SMK. Tenaga kependidikan dan ketua yayasan sebanyak dua orang. Selain itu, 3 orang dari birokrat termasuk Wali Kota Serang Pak Syafrudin,” kata Koordinator Program Doktor Pendidikan Pascasarjana Untirta Sholeh Hidayat, di Pascasarjana Untirta, Selasa (17/3/2020).

Ia menjelaskan, mereka yang sudah mendaftar dilanjutkan untuk mengikuti tes masuk gelombang II pada Sabtu 21 Maret 2020. Pada gelombang II itu meliputi wawancara, serta menguji kesiapan nonakademik mahasiswa untuk mengikuti program doktor dan presentasi proposal disertasi untuk menguji kesiapan akademik dalam mengikuti perkuliahan.

“Menguji kesiapan calon mahasiswa Program Doktor seperti tugas-tugas akademik, menulis makalah, disertasi dan jurnal. Kemudian penentuan kelulusan meliputi hasil tes potensi akademik (TPA), Test OF English as a Foreign Language (TOEFL), hasil wawancara akademik dan nonakademik,” ujarnya.

Ia mengatakan, pada tes wawancara setiap peserta akan diuji selama 30 menit oleh dua orang penguji termasuk presentasi proposal disertasi. Kemudian hasil seleksi masuk gelombang I yang akan diumumkan pada 27 Maret 2020.

“Jumlah mahasiswa program Doktor pendidikan akan diterima sebanyak 20 orang pada gelombang I dan II. Bagi mahasiswa yang belum diterima pada gelombang I masih ada kesempatan mengikuti seleksi masuk gelombang II mulai 23 Maret hingga 11 Mei 2020. Perkuliahan akan dimulai pada 14 Agustus 2020,” katanya. (DE/SJ)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here