Program BPNT Sesuai Prosedur

PANDEGLANG, (KB).- Dugaan adanya pemotongan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) pada 257 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) oleh Perangkat Desa Montor, Kecamatan Pagelaran ternyata sesuai prosedur. Soalnya, dalam pemotongan tersebut sesuai kesepakatan KPM, yang dibagikan kembali kepada masyarakat miskin yang tidak mendapatkan program BPNT tersebut.

Kades Montor, Kecamatan Pagelaran Amsori mengatakan, pengambilan bantuan BPNT tersebut kepada KPM dilakukan hasil musayawarah yang dituangkan dalam berita acara. Soalnya, kata dia, masyarakat miskin di Desa Montor banyak yang belum terkaper oleh BPNT tersebut.

“Kenapa diambil oleh RT, sebab hasil kesepakatan antara KPM tersebut di kumpulkan oleh pihak RT dulu, untuk kembali dibagikan lagi kepada masyarakat miskin lainnya, yang tidak dapat bantuan tersebut,” kata Kades, Rabu (7/8/2019).

Sebab kata dia, pihaknya tidak mengarapkan adanya gejolak di masyarakat. Selain itu, kata dia, pihaknya menyarankan bantuan tersebut dibagikan kepada warga miskin diwilayah terdekatnya.

“Sekali lagi, pembagian itu diberikan, misalkan pada tetangganya terdekat yang tidak menerima tetapi kategori miskin. Sehingga tidak terjadi masalah, atau cemburu sosial,” tuturnya.

Baca Juga : Perangkat Desa Montor Diduga Potong BPNT

Untuk itu, pihaknya sudah membagika melalui RT setempat, yang juga lebih tau warga yang membutuhkan bantuan tersebut.

“Silahkan, tanyakan kepada masyarakat yang tidak mendapatkan program BPNT, tetapi mendapatkan bagian dari KPM. Karena, sudah disalurkan, kami juga tidak mau melakukan monopoli bantuan tersebut, tetapi kita lakukan sesuai prosedur dan kesepakatan dengan KPM,” ucapnya.

Sementara itu salah satu KPM di Desa Montor, Kecamatan Pagelaran Hamid membenarkan, dengan adanya pembagian kembali kepada warga yang belum mendaptakan BPNT tersebut.

“Kalau saya, tidak mempermasalahkan dengan adanya pemotongan tersebut. Yang penting penyalurannya jelas, karena memang benar disini banyak warga miskinya, tetapi tidak mendapatkan bantuan tersebut. Tetapi sekarang sudah jelas, kami juga iklas memberikan kepada yang memang membutihkan juga,” ujarnya. (IF)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here