Program BKKBN Perkuat Ketahanan Nasional

Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Banten mengadvokasi program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) bagi Persatuan Istri Prajurit (Persit) Kartika Candra Kirana Koorcab 064 PD III/Siliwangi dan masyarakat lingkungan sekitar di Aula Markas Yonif 320 Badak Putih, Rabu (29/8/2018).

Kepala bidang Advokasi Pergerakan Informasi (Adpin) BKKBN Banten, Dra. Yeti Rismayati mengatakan, kegiatan ini digelar untuk meningkatkan pemahaman dan wawasan mitra kerja anggota dan pengurus Persit Kartika Candra Kirana terhadap program KKBPK. Sebab, program tersebut membutuhkan mitra sampai ke masyarakat.

”Kali ini, kita bermitra dengan Persit, dan Persit khusus yang minta. Diharapkan Persit dapat menyampaikan pemahaman mengenai program BKKBN di kalangan Persit itu sendiri, meski program itu harus sampai ke masyarakat. Kendala program ini karena masyarakat kurang memahami tentang BKKBN,” kata Dra. Yeti Rismayati.

Menurut dia, program BKKBN sudah mengalami peningkatan di masyarakat. Hal itu terlihat antusiasnya masyarakat di kampung untuk KB. Berarti tingkat kesadaran masyarakat sudah bagus terhadap program KB.”Untuk Kampung KB sudah dicanangkan pada tahun 2016, tersebar di 310 kampung di 8 kabupaten/kota se-Banten. Capaiannya mengalami peningkatan, karena masyarakat yang tadinya tidak paham menjadi sadar pentingnya program KB,” ujarnya.

Ketua Persit KCK Koorcab Rem 064 PD III Siliwangi, Prima Budi Hariswanto mendukung penuh atas advokasi KKBPK. Sebab, Persit selalu mendukung setiap program pemerintah untuk membangun masyarakat lebih baik. ”Saya apresiasi kegiatan ini, yang jelas saya dukung program pemerintah. Apalagi ini berkaitan dengan ibu-ibu, maka saya mendukung sepenuhnya kegiatan advokasi KKBPK ini,” ucapnya.

Sementara itu, Kasrem 064 PD III Siliwangi Letkol Robi Muhamad Taufik mengatakan, program ini merupakan salah satu ketahanan nasional. Karena, dari program tersebut dapat memperbaiki kualitas keluarga dan keturunan. ”Program ini sangat baik sekali, karena kita lihat ini kan tujuannya untuk memperbaiki kualitas keluarga. Selain itu, saya rasa ini juga merupakan salah satu upaya pemerintah dalam memperkuat ketahanan nasional,” tuturnya. (Ade Taufik/EM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here