Produk UKM dan IKM Lebak Masuk Ritel

RANGKASBITUNG, (KB).- Belasan produk Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Lebak mulai dipasarkan ke ritel modern, salah satunya Alfamart.

Produk tersebut telah melalui seleksi terlebih dahulu, sehingga produk tersebut dapat bersaing dengan produk pabrikan. Menurut Bupati Lebak Hj. Iti Octavia Jayabaya, ada 15 produk IKM dan UKM yang akan dipasarkan di gerai Alfamart.

Kerja sama ini diyakini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Lebak. Produk IKM dan UKM yang berkualitas akan digemari masyarakat dan akhirnya dapat memotivasi pelaku usaha lain untuk berkembang.

”Baru 15 produk dan kemungkinan besar akan bertambah. Saya yakin tumbuh dan berkembangnya IKM dan UKM dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,” kata Iti Octavia Jayabaya, Kamis (18/7).

Di hadapan para pelaku ekonomi kreatif Lebak, Bupati Iti menjelaskan, sektor industri kecil dan menengah merupakan salah satu sektor padat tenaga kerja sehingga sangat efektif dalam penyerapan tenaga kerja, khususnya masyarakat di sekitarnya. Di sektor ini juga, menurut Iti, merupakan salah satu penggerak pertumbuhan ekonomi serta pelayanan masyarakat.

”Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak terus menumbuhkan potensi pada bidang ini dengan program yang relevan. Salah satu bukti konkretnya yaitu mendorong pemasaran produk IKM/UKM yang bekerja sama dengan retail-retail sehingga dapat meningkatkan pertumbukan dan produktivitas para pelaku IKM dan UKM di Kabupaten Lebak,” ujarnya.

Selain itu, Iti berharap jumlah IKM yang melaksanakan kerja sama pemasaran produk dengan pihak retail supaya lebih banyak lagi minimal bertumbuh 100 persen dari jumlah tahun ini.

Iti juga berharap ke depan melalui kegiatan ini produk-produk unggulan Kabupaten Lebak dapat lebih berkembang dan dikenal tidak hanya masyarakat Lebak akan tetap berekspansi ke luar Lebak. Dengan terus senantiasa meningkatkan kualitas dan kuantitas serta dapat menjangkau pasar yang lebih luas lagi.

“Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Sumber Alfaria Trijaya,” tuturnya.

Sementara itu, General Manager Coorporate Communication Alfamart Nurachman mengatakan, manajemen Alfamart ingin maju dan berkembang bersama pelaku usaha kecil dan menengah di Lebak. Untuk itu, Alfamart menyediakan gerai untuk produk IKM dan UKM sehingga produk tersebut dapat bersaing dengan produk makanan dari pabrikan.

”Selain menyediakan gerai, kita juga menggelar seminar bagi pelaku IKM dan UKM Lebak. Kita ingin transfer ilmu dan pengetahuan mengenai pengelolaan usaha agar maju dan berkembang,” kata Nurachman.

Menurut dia, melalui kegiatan ini (seminar) para pelaku IKM dan UKM lokal dapat memasarkan produknya di retail-retail besar sekaligus memberikan pelatihan terkait IKM itu sendiri.”Kami mengajak para IKM untuk maju bersama melalui jaringan ritel yang dimiliki PT Sumber Alfaria Trijaya khususnya yang ada di Lebak,” katanya. (TS)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here