Prodi Ilmu Keolahragaan Untirta Gelar ‘Workshop’, Kurikulum Diharapkan Berbasis KKNI

Prodi Ilmu Keolahragaan Fakultas Kedokteran Untirta menggelar workshop Penyusunan kurikulum, di CoE Kampus Cilegon, Selasa (12/11/2019).*

CILEGON, (KB).- Program studi (Prodi) Ilmu Keolahragaan (Ikor) Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menggelar workshop penyusunan kurikulum, di Gedung Centre of Excellent (CoE) kampus Cilegon, Selasa (12/11/2019). Diharapkan, penerapan kurikulum harus berbasis Kurikulum Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Hadir dalam kegiatan tersebut Guru Besar Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Hari Amarullah sebagai nara sumber. Hari mengatakan, penyusunan kurikulum yang baik dan bagus itu haruslah berpedoman pada Peraturan Menteri Pendidikan Tinggi (Permendikti) tentang penyusunan kurikulum.

Kurikulum harus bisa menjawab tantangan kebutuhan di masyarakat, harus berbasis KKNI. Selain itu, dalam penyusunannya juga harus meminta masukan-masukan baik dari stakeholder yakni dari kalangan industri, dunia usaha, guru dan sekolah.

“Dari masukan-masukan tersebut, tahap selanjutnya melakukan perumusan kurikulum menjadi satu misi. Karena saat ini memasuki era revolusi industri sehingga harus disesuaikan dengan kebutuhan zaman yakni mencetak lulusan yang berdaya saing,” ujarnya.

Ia mengatakan, lulusan Ikor Untirta harus ada assessment. Sehingga, setelah lulus nanti mendapatkan ijazah dan juga sertifikat kompetensi. Ia juga memetakan profesi lulusan Ikor bisa menjadi manajer, instruktur, praktisi sport tourism, manajer pusat kebugaran, konsultasi keolahragaan.

Selain itu juga bisa menjadi peneliti dan analisis keolahragaan, tenaga kesehatan non medis bidang keolahragaan, pembina keolahragaan, jurnalis keolahragaan, terapi olah raga.

“Kurikulum disusun berdasarkan keilmuan dan tingkatan keterampilan, strategi implementasi kurikulum menggunakan konsep-konsep kependidikan untuk mencapai kompetensi yang harus dikuasai lulusan,” tuturnya. (DE/SJ)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here