Sabtu, 23 Februari 2019
Kwartir Ranting Gerakan Pramuka tingkat kecamatan menggelar kemping di Bumi Perkemahaan Desa Cikayas, Kecamatan Angsana, Kabupaten Pandeglang, Senin (13/8/2018).*

Pramuka Siapkan Pemimpin Masa Depan

Kwartir Ranting (Kwarran) Kecamatan Angsana menggelar kemping dalam rangka memperingati Hari Gerakan Pramuka ke-57 tingkat kecamatan di Bumi Perkemahaan Desa Cikayas, Kecamatan Angsana, Kabupaten Pandeglang, Senin (13/8/2018). Para aktivis gerakan pramuka tersebut untuk mempersiapkan pemimpin masa depan yang tangguh.

Kegiatan Gladian Pinru 2018 tahun ini dipimpin langsung Koordinator Wilayah Disdikbud Korwil Kecamatan Angsana, Asep Wahyudin. Hadir unsur Majelis pembina Kwarran Kapolsek Angsana AKP Joni, unsur Majelis Pembina desa , Kwarran dan unsur Mabigus.

Korwil Disdikbud Kecamatan Angsana Asep Wahyudin mengatakan, sesuai hasil rapat semua unsur menyepakati untuk melaksanakan kemping dengan gladi pelatihan pimpinan regu atau Gladi Pinru bukan Jamlok Jambore Lokal. Gladian Pinru tersebut mengusung tema “Menyiapkan Pemimpin di Masa Depan”.

“Kenapa kita mengambil tema menyiapkan pemimpin di masa depan? Karena gerakan Pramuka ini adalah suatu pendidikan Karakter masuk Kurikulum 2013, sehingga wajib dilaksanakan di masing-masing sekolah. Tujuannya untuk mencetak pemimpin yang berkarakter dimulai dari gerakan pramuka di sekolah dasar,” kata Asep Wahyudin kepada Kabar Banten, seusai menghadiri agenda kemping gerakan pramuka di Angsana.

Menurut dia, kegiatan pramuka tersebut sebagai salah satu upaya dalam mencetak generasi bangsa. Sebab, kegiatan tersebut lebih mengedepankan pendidikan karakter seorang.

“Agar anak pramuka berkarakter, sehingga peringatan Hari Gerakan Pramuka ini lebih mengena, namun tidak mengurangi kemeriahan dalam acara ini. Saya apresiasi Mabides Kades Desa Cikayas yang sudah meminjamkan lapangan ini untuk di kegiatan Gladian Pinru. Mudah-mudahan ke depan bisa mempunyai bumi perkemahan sendiri dan Pemkab bisa memfasilitasi Kwarran Kecamatan Angsana,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Kwarran sekaligus Ketua Panitia, Maman Munawar mengatakan, kegiatan Gladan Pinru dalam rangka memperingati Hari Gerakan Pramuka yang ke-57 tingkat Kwarran Kecamatan Angsana.

“Gladian Pinru ini adalah gladi pelatihan pimpinan regu yang di ambil dari masing-masing gugus empat orang putra- putri. Biasanya kita adakan Jamlok Jambore Lokal dengan menurunkan peserta pergugus atau persekolah dua regu yakni 1 regu putra dan 1 regu putri,” ujarnya.

Namun, lanjut Maman Munawar, sekarang ini hanya per SD empat orang, terdiri dari dua putra dan dua putri. Kegiatan tersebut lebih mengedepankan pendidikan dan tidak terlalu menghamburkan biaya,” ujarnya. (Iman Fathurohman)*


Sekilas Info

HUT Ke-31, PDAM Tirta Berkah Komitmen Optimalkan Pelayanan

PANDEGLANG, (KB).-¬†Dalam memperingati HUT ke-31, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Berkah Pandeglang menggelar tasyakuran, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *