Pramuka Minta Pemkot Serang Siapkan Bumi Perkemahan

SERANG, (KB).- Pengurus Pramuka Kwarcab Kota Serang meminta kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Serang, agar dapat menyediakan tempat untuk dijadikan sebagai bumi perkemahan. Sebab, selama 12 tahun Kota Serang berdiri, sampai saat ini belum memiliki bumi perkemahan secara mandiri.

Ketua Kwarcab Kota Serang Ahmad Saifullah mengatakan, keberadaan bumi perkemahan penting bagi gerakan Pramuka. Sebab, segala kegiatan Pramuka dilakukan di bumi perkemahan, mulai dari pelatihan keorganisasian, kemandirian para anggota Pramuka, dan kegiatan atau aktivitas lainnya.

“Bumi perkemahan itu sangat dibutuhkan untuk kegiatan-kegiatan, baik kegiatan khusus maupun kegiatan perkemahan lainnya. Ini bisa menjadi sarana pendidikan bagi para anggota Pramuka yang baik dan menyenangkan. Karena, Pramuka lebih sering beraktivitas di luar ruangan,” katanya, Rabu (12/2/2020).

Dalam memilih lokasi bumi perkemahan, ujar dia, Pemkot Serang juga perlu memilih tempat yang representatif bagi kegiatan kepramukaan di Kota Serang. Ia siap jika diminta untuk mencarikan lokasinya. Sebab, ada tiga lokasi yang menurut dia, cocok untuk dijadikan bumi perkemahan.

“Salah satunya di Kecamatan Walantaka, Kelurahan Lebak Wangi itu sudah kami survei. Mudah-mudahan bisa terwujud pada 2021 mendatang,” ucapnya.

Kecamatan Walantaka, tutur dia, lokasinya sudah cukup representatif untuk dijadikan bumi perkemahan. Sebab, baik dari luas wilayah maupun letak lokasinya yang strategis, juga memiliki daya tarik tersendiri.

“Luas wilayahnya kalau tidak salah itu seluas 4 hektare. Kalau dari segi lokasinya itu sangat strategis, sudah sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat perkemahan Pramuka,” katanya.

Selama ini, ucap dia, dalam melaksanakan kegiatan Kwarcab Kota Serang selalu berpindah-pindah tempat. Hal tersebut dikarenakan, pihaknya belum memiliki pusat perkemahan atau bumi perkemahan. Oleh karena itu, besar harapannya bumi perkemahan milik Kota Serang dapat benar-benar terwujud.

“Selama ini ya kami gunakan tempat-tempat seperti di Tembong, kemudian di kantor kecamatan. Jadi, bergantung juga. Saya yakin di kepemimpinan Wali Kota Serang saat ini dapat terwujud,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Serang Syafrudin menuturkan, saat ini bumi perkemahan masih dalam tahap pembahasan dan perencanaan bersama pengurus Kwarcab Kota Serang. Meski demikian, pihaknya sudah memiliki bakal calon lokasi rencana pembangunan bumi perkemahan yang telah disiapkan.

“Bumi perkemahan sedang dibicarakan, karena banyak tanah yang bisa digunakan. Seperti di Kecamatan Walantaka, Cipocok Jaya, dan Taktakan. Tinggal nanti pengurus Kwarcab saja yang dapat memilih di mana lokasinya yang cocok untuk dijadikan bumi perkemahan di Kota Serang,” tuturnya.

Mengenai luas lahan serta lokasinya, dia menyerahkan sepenuhnya kepada pengurus Kwarcab Kota Serang, termasuk anggaran. Sebab, yang tahu secara keseluruhan, adalah mereka dan saat ini dia masih menunggu pengajuan dari pengurus Kwarcab sesuai dengan kebutuhan mereka. (Rizki Putri/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here