Pramuka Harus Terlibat Kepariwisataan

GERAKAN Pramuka harus bersinergi dengan visi dan misi pembangunan, mulai dari pusat hingga daerah. Hal tersebut dikatakan Wakil Bupati Lebak H. Ade Sumardi saat melantik Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) Kecamatan Wanasalam dan Mabiran Kecamatan Malingping, masa bakti 2018-2023.

Selain melantik kedua Mabiran tersebut, wabup selaku Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Lebak juga membuka Penilaian Kwartir Ranting Tergiat Kloter III yang meliputi 5 Kwartir Ranting, yakni Kwaran Kecamatan Wanasalam, Malingping, Cijaku, Cihara dan Panggarangan yang digelar di Aula SMA Negeri 1 Wanasalam, Sabtu (16/3/2019).

Kepada Pengurus Mabiran, wabup juga meminta agar gerakan pramuka mampu menyasar setiap lapisan masyarakat terutama genersi muda. “Tujuannya untuk mempersiapkan generasi yang lebih baik dari generasi sekarang,” ujarnya.

Menurut Ade, gerakan pramuka harus berkontribusi dalam pembangunan, mengingat visi Lebak untuk mengembangakan destinasi wisata di daerah. Ade juga mengingatkan agar kepramukaan di Lebak dapat melibatkan diri dalam upaya meningkatkan sektor kepariwisataan tersebut.

”Ke depan harus lebih eksis dan berkontribusi dalam pembangunan, kepariwisataan, karena itu visi Lebak sekarang. Pramuka harus terlibat, bahkan harus jadi pelopor,” ucapnya.

Terkait penilaian ranting tergiat, lanjut Ade, hal tersebut dilakukan untuk mengukur serta mengetahui kekuatan dan kelemahan diri sendiri. Sehingga masing-masing ranting dapat melakukan evaluasi untuk perbaikan dimasa yang akan datang.

Sementara Ketua Mabiran Kecamatan Wanasalam, Cece Sahroni akan berusaha melaksanakan kewajiban dan tanggung jawabnya untuk membina gerakan kepramukaan di tingkat ranting dan melibatkan gerakan ini dalam pembangunan baik di sektor pariwisata maupun sektor lainnya.

”Penting untuk menumbuhkan jiwa patriotisme dalam gerakan pramuka. Kita akan coba bangun itu karena solid itu modal utama,” tuturnya.

Dengan melibatkan semua pihak, Cece optimistis gerakan pramuka di Kecamatan Wanasalam dan kecamatan lainnya akan lebih eksis lagi, dengan mengedepankan peranan Gugus Depan dan Mabides di tiap-tiap desa. “Insya Allah gerakan pramuka akan lebih eksis lagi kedepannya,” ucap Cece. (Lugay)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here